BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kemenangan-Kemenangan Terbaik Liverpool di Era Jurgen Klopp

22-03-2020 22:58 | Dimas Ardi Prasetya

Jurgen Klopp (c) AP Photo Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Sejak ditangani oleh Jurgen Klopp Liverpool menjadi tim sangat kuat dan meraih banyak kemenangan yang mengesankan.

Klopp datang ke Liverpool pada akhir tahun 2015. Saat itu ia masih mewarisi tim yang kualitasnya buruk.

Secara perlahan, Klopp membangun ulang skuat Liverpool. Ia membuang yang buruk dan menggantinya dengan pemain yang berkualitas di segala lini.

Liverpool pun menjadi tim yang haus gol berkat kehadiran Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino. Lini tengah mereka juga sangat solid dengan kehadiran pemain seperti Jordan Henderson.

Di lini belakang, Virgil Van Dijk memberikan rasa aman bagi para pemain di lini serang. Belum lagi para pemain di sektor bek sayap mampu memberikan kontribusi menawan melalui umpan-umpan yang akurat.

Di benteng pertahanan terakhir, ada Alisson Becker yang sulit ditembus. Liverpool pun akhirnya mampu meraih tiga trofi juara pada musim lalu. Selain itu Liverpool juga mampu bersaing dengan Manchester City di Premier League.

Di sepanjang era Jurgen Klopp, ada banyak kemenangan yang mengesankan yang didapat oleh Liverpool. Berikut 10 kemenangan terbaik The Reds bersama manajer asal Jerman tersebut.

1 dari 9 halaman

Manchester City 1-4 Liverpool

Kemenangan ini terjadi pada musim 2015-16. Duel kedua tim ini dihelat di Etihad Stadium pada 22 November 2015.

Liverpool saat itu masih menyisakan sejumlah pemain warisan Brendan Rodgers. Namun Klopp mampu membawa mereka menang telak melalui gol bunuh diri Eliaquim Mangala, Philippe Coutinho, Roberto Firmino dan Martin Skrtel.

Sementara itu gol semata wayang City dicetak Sergio Aguero. Kemenangan ini seakan menjadi pertanda bahwa Liverpool mulai bangkit di bawah asuhan Klopp.

2 dari 9 halaman

Liverpool 4-3 Borussia Dortmund

Liverpool meraih banyak kemenangan dramatis di Anfield. Salah satunya adalah kemenangan melawan Borussia Dortmund di leg kedua babak perempat final Liga Europa musim 2015-16.

Di leg pertama, Liverpool dan Dortmund bermain imbang 1-1. Di leg kedua, The Reds sempat tertinggal dua gol lebih dahulu.

Namun pada akhirnya mereka bisa berbalik menang dengan skor 4-3, dan aktor penentu kemenangan itu adalah Dejan Lovren. Liverpool pun lolos dengan agregat 5-4.

3 dari 9 halaman

Everton 0-1 Liverpool

Liverpool bertandang ke markas Everton pada 20 Desember 2016 di pentas Premier League. Pertandingan ini berlangsung dengan alot.

Akan tetapi pada akhirnya Liverpool mampu menang tipis 0-1. Satu-satunya gol di laga ini dicetak oleh Sadio Mane pada menit 90+4.

4 dari 9 halaman

Liverpool 3-0 Middlebrough

Middlesbrough memang bukan klub yang besar. Namun laga ini sangat besar dan sangat penting bagi perjalanan Liverpool ke depannya.

Di laga musim 2016-17 ini, Liverpool berhasil menang 3-0 atas Middlesbrough. Kemenangan itu menjamin langkah The Reds mendapatkan tiket masuk ke kualifikasi Liga Champions.

Liverpool sempat tampil grogi. Namun semuanya berubah ketika Giorginio Wijnaldum mencetak gol pada menit 45+1. Mereka kemudian mencetak gol lagi via Philippe Coutinho dan Adam Lallana.

5 dari 9 halaman

Liverpool 4-3 Manchester City

Kemenangan pada musim 2017-18 ini merupakan momen krusial yang menunjukkan Liverpool sudah mampu bersaing di papan atas liga. Di laga yang dihelat di Anfield pada bulan Januari itu, The Reds menang 4-3.

Padahal sebelum bertandang ke Anfield, tak ada satu pun tim yang sanggup mengalahkan tim asuhan Josep Guardiola tersebut di liga. Gol-gol Liverpool dicetak oleh Alex Oxlade-Chamberlain, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Sementara itu gol Manchester City dicetak oleh Leroy Sane di babak pertama. Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan menambahkan dua lagi di babak kedua.

6 dari 9 halaman

Liverpool 3-0 Manchester City

Masih di musim yang sama, 2017-18. Beberapa bulan setelah mengalahkan Manchester City di Anfield, Liverpool kembali menang atas The Citizen.

Kali ini mereka menang telak 3-0 di leg pertama babak perempat final Liga Champions. Performa Liverpool di laga ini nyaris sempurna.

Saat itu Liverpool mampu unggul tiga gol dalam tempo 31 menit saja. Gol-gol tersebut dihasilkan Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Sadio Mane.

7 dari 9 halaman

Liverpool 1-0 Everton

Laga derby Mersyside pada musim 2018-19 ini sangat berkesan bagi fans Liverpool. Sebab timnya meraih kemenangan dengan cara yang bisa dibilang mengejutkan.

Liverpool saat itu butuh kemenangan agar bisa terus menekan Manchester City. Dan ternyata Everton mampu merepotkan mereka di laga yang digelar di Anfield pada Desember 2018 itu.

Liverpool akhirnya bisa menang 1-0 atas Everton berkat gol sang pemain pengganti, Divock Origi, pada menit 90+6! Pemain asal Belgia itu menyundul bola dengan muda ke gawang memanfaatkan blunder Jordan Pickford, kiper The Toffees.

8 dari 9 halaman

Liverpool 2-0 Tottenham

Kemenangan ini didapat di final Liga Champions 2018-19. Liverpool saat itu berduel melawan Tottenham di Wanda Metropolitano.

Bagi fans netral, laga ini mungkin tidak menarik. Sebab Liverpool tampil di luar pakemnya dan bermain pragmatis.

Liverpool akhirnya menang 2-0 berkat gol Mohamed Salah dan Divock Origi. Kemenangan ini sangat penting karena menjadi pelampiasan kegagalan The Reds di musim sebelumnya. Juga hasil ini memutus rangkaian kegagalan Jurgen Klopp di sejumlah laga final yang pernah dilaluinya.

9 dari 9 halaman

Liverpool 4-0 Barcelona

Liverpool dihadapkan pada ujian super berat pada musim 2018-19. Mereka berhadapan dengan Barcelona di babak semifinal.

Di leg pertama di Camp Nou, Liverpool dipermak 3-0 oleh Barcelona. Di leg kedua, The Reds secara sensasional berhasil menang telak 4-0.

Liverpool saat itu berhasil membalikkan skor melalui dua gol Divock Origi dan Georginio Wijnaldum. Kemenangan pasukan Jurgen Klopp ini disebut sebagai salah satu comeback terbaik di pentas Liga Champions.

(readliverpoolfc)

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland