BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Keluhan Solskjaer Ada Benarnya, Jumlah Penalti untuk MU Memang Menurun!

02-03-2021 06:20 | Richard Andreas

Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri) berduel dengan bek Chelsea, Andreas Christensen (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (28/2/2021). (c) AP Photo Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri) berduel dengan bek Chelsea, Andreas Christensen (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (28/2/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer mengeluh soal penalti yang tidak diberikan untuk Manchester United dalam duel Premier League kontra Chelsea akhir pekan lalu. Solskjaer merasa timnya dirugikan gara-gara tim lain.

Di era Solskjaer, MU memang termasuk salah satu tim yang paling sering mendapatkan hadiah penalti. Hal inilah yang sepertinya membuat kesal pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Januari 2021 lalu, Klopp bicara bahwa MU mendapatkan terlalu banyak penalti dalam dua tahun terakhir daripada dirinya selama lima tahun melatih Chelsea.

Komentar Klopp ini ternyata berdampak lebih besar dari yang diharapkan. Solskjaer pun mengeluh bahwa sekarang wasit enggan memberikan penalti untuk MU, tapi benarkah demikian?

1 dari 2 halaman

Keluhan Solskjaer

Solskjaer merasa penalti yang tidak diberikan ini disebabkan oleh komentar-komentar pelatih lain yang ikut campur dan mengklaim MU mendapatkan terlalu banyak penalti. Beberapa pekan lalu, Jurgen Klopp dan Jose Mourinho memang pernah bicara soal hadiah penalti MU.

Akibatnya, sekarang Solskjaer merasa penalti yang seharusnya diberikan tidak lagi diberikan. Wasit-wasit jadi mengabaikan MU.

"Dan saya sedikit khawatir kami tidak mendapatkan penalti sesuai seharusnya karena suara-suara negatif beberapa bulan lalu yang menyebut kami terlalu banyak mendapatkan penalti," sambung Solskjaer.

"Sudah jelas, para pelatih itu [yang mengkritik MU mendapatkan terlalu banyak penalti] telah memengaruhi wasit, itu tidak seharusnya mereka lakukan."

2 dari 2 halaman

Terbukti benar di statistik

Mengutip Express, keluhan Solskjaer itu ada benarnya. Statistik yang dihimpun Joe Smith dari Stretford paddock, membuktikan bahwa jumlah penalti yang diterima MU memang berkurang drastis setelah komentar Klopp tersebut.

Sebelumnya, MU mendapatkan total 11 penalti dalam 25 pertandingan, yakni dengan rerata satu penalti per 204 menit. Namun, setelah komentar Klopp, MU hanya mendapatkan 2 penalti dalam 16 pertandingan, rerata satu penalti per 720 menit.

Angka tersebut berbeda drastis. Jika keluhan Solskjaer benar, MU akan semakin dirugikan di sisa musim ini. Wasit bakal mulai memaklumi pelanggaran di kotak terlarang dan tidak banyak hadiah penalti untuk Setan Merah.

Sumber: Express

KOMENTAR