BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Keluh Kesah Thomas Tuchel: 1.000 Pertandingan Setahun Rasanya Berat

20-10-2021 06:15 | Richard Andreas

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel menegaskan keluhannya terhadap jadwal pertandingan internasional yang menyiksa para pemain di awal musim 2021/22 ini. Ada terlalu banyak pertandingan dan kompetisi.

Jeda internasional memang jadi momok klub, khususnya ketika musim baru dimulai. Total ada tiga jeda internasional dengan jarak berdekatan hingga akhir tahun kalender.

Teranyar, Chelsea harus berjibaku mengalahkan Brentford 1-0 akhir pekan lalu (16/10). Itu adalah pertandingan pertama mereka setelah dua pekan tidak bermain karena jeda internasional.

Kini, melihat timnya kesulitan, Tuchel menegaskan ada masalah kelelahan mental dan fisik untuk para pemain. Apa katanya?

1 dari 2 halaman

1.000 pertandingan setahun

Menurut Tuchel, kelelahan mental dan fisik pemain terlihat jelas dalam diri Romelu Lukaku, striker Chelsea. Kontribusi dan torehan gol Lukaku menurun drastis dalam sebulan terakhir.

Dia juga melihat masalah yang sama pada Mount dan Jorginho. Beban kompetisi bersama tim nasional membuat mereka kelelahan.

"Hal yang sama [kelelahan mental dan fisik] juga terjadi pada Mason dan Jorgi, mereka kesulitan," ujar Tuchel di Chelseafc.com.

"Mereka punya beban besar untuk dipikul bersama negaranya. Mereka menyukai itu, mereka adalah pesaing."

"Namun, jika Anda memainkan 1.000 pertandingan setahun, tentu itu bisa terasa berat," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Kualitas pertandingan

Tentu angka 1.000 yang disebut Tuchel adalah bentuk perumpamaan. Intinya, saat ini ada terlalu banyak pertandingan untuk para pemain. Beban mereka terlalu besar dan menguras energi.

"Para pemain terlalu banyak bermain. Saya lebih menyukai kualitas, bukan kuantitas. Masalahnya, ini bukanlah hal baru, dan jeda internasional berikutnya akan segera tiba," lanjut Tuchel.

"Di Januari dan Februari kami akan memainkan kompetisi lainnya dan situasi justru bisa jadi lebih sulit dari yang seharusnya," tandasnya.

Sumber: Chelsea

KOMENTAR