BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kelelahan Kawal Ronaldo, Eks Bek MU Ini Sampai Nyaris Kehabisan Nafas

13-04-2020 03:31 | Dimas Ardi Prasetya

Cristiano Ronaldo (c) AFP
Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Legenda Manchester United Rio Ferdinand mengungkapkan mantan rekan setimnya yakni John O'Shea sampai nyaris kehabisan nafas karena kelelahan usai mencoba membendung pergerakan Cristiano Ronaldo.

Kisah ini memang terjadi sebelum Ronaldo dibeli oleh Sir Alex Ferguson. Saat itu United menggelar laga uji coba melawan Sporting Lisbon pada musim panas 2003.

Seperti yang diketahui, saat itu Ronaldo benar-benar menunjukkan kemampuan dribelnya yang luar biasa. CR7, yang saat itu masih berusia 18 tahun, merepotkan siapa pun bek yang mencoba meredam lajunya dengan kemampuan dribel bolanya yang luar biasa.

Dan pada akhirnya seperti yang diketahui seluruh dunia Ronaldo pindah ke United. CR7 akhirnya dibeli dari Sporting dengan bandrol sekitar 12.24 juta pounds.

1 dari 3 halaman

Kehabisan Nafas

Namun laga uji coba Manchester United vs Sporting Lisbon tersebut menyisakan kenangan tersendiri bagi seorang John O'Shea. Menurut Rio Ferdinand, bek asal Irlandia tersebut kepayahan menghadapi serbuan Cristiano Ronaldo.

Ferdinand pun mengatakan O'Shea nampak seperti butuh bantuan asupan oksigen. Dan itu hanya pertandingan di babak pertama saja.

"Kami bermain melawan Sporting pada tahun 2003, kami bermain di babak pertama dan John O'Shea pasti membutuhkan tangki oksigen di sebelahnya," ungkap Ferdinand seperti dilansir Sportbible.

"Ia kelelahan dan ia duduk di sana terengah-engah. Kami mengatakan kepadanya untuk lebih dekat dengan Ronaldo dan ia bahkan tidak bisa menjawab kami," serunya.

2 dari 3 halaman

Keinginan Boyong Ronaldo

Rio Ferdinand kemudian mengaku bahwa salah satu pemain Manchester United yang ingin agar Cristiano Ronaldo diboyong dengan segera adalah dirinya. Namun tanpa belum sempat berbicara, ternyata manajemen klub sudah bergerak untuk menegosiasikan kepindahannya dari Sporting Lisbon.

"Jujur saja, saya, Paul Scholes dan Nicky Butt berdiri di sana sambil berkata 'bocah ini tidak bisa dipercaya, kita harus merekrutnya'," kenangnya.

"Kami naik ke bus tim dan [kepulangan] kami tertunda sekitar satu setengah jam, dan kemudian mereka mengatakan mereka sedang melakukan kesepakatan untuk merekrut Ronaldo sekarang."

3 dari 3 halaman

Hancurkan Rekan Setim di Sesi Latihan

Cristiano Ronaldo gabung rekan-rekan barunya di Manchester United jelang dimulainya musim 2003-04. Dan dari awal, ia langsung beraksi menghancurkan rekan-rekan setimnya dengan dribel-nya yang sangat gesit.

"Saya masih sangat muda, tetapi saya berlatih dengan tim utama dan kami melakukan pemanasan 5 vs 2 seperti yang kami lakukan setiap hari, dan ia melakukan sedikit keterampilan bola yang paling berani dan memasukkannya ke kaki salah satu pemain," ungkap salah satu pemain muda MU saat itu, Eddie Johnson, pada 'The Broken Metatarsal' Podcast, yang diselenggarakan oleh Planet Football.

"Aksi [dari Ronaldo] itu sangat membingungkannya sehingga ia menyilangkan kakinya sendiri dan berakhir dengan jatuh tertelungkup. Semua orang yang melihat bergumam 'ada pemain di sini' jadi mulai hari itu cukup menyenangkan," tandasnya.

(sportbible)

KOMENTAR