BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kata Legenda Chelsea Soal Ballon d'Or: Bodoh! Nggak Masuk Akal!

13-10-2021 23:44 | Dimas Ardi Prasetya

Trofi Ballon dOr (c) France Football
Trofi Ballon dOr (c) France Football

Bola.net - Legenda Chelsea Frank Leboeuf mengkritik Ballon d'Or karena baginya tak masuk akal memberikan penghargaan individual pada olahraga yang mengandalkan kerjasama tim.

Penghargaan Ballon d'Or ini dianggap sebagai salah satu penghargaan individual paling bergengsi di dunia sepak bola. Pemenangnya bisa disebut sebagai pemain terbaik di dunia.

Sudah ada banyak pemain hebat yang memenangi penghargaan tersebut. Sebut saja Kaka, Zinedine Zidane, Ronaldo, Michael Owen, Lionel Messi, hingga Cristiano Ronaldo.

Namun dalam satu dekade terakhir, penghargaan ini didominasi dua nama saja yakni Messi dan Ronaldo. Sejauh ini La Pulga menjadi yang tersukses karena ia memenanginya sebanyak enam kali.

1 dari 2 halaman

Leboeuf tak Pedulikan Ballon d'Or

Penghargaan Ballon d'Or ini sangat dinantikan banyak pemain dan fans. Namun ada juga yang tak menyukainya.

Salah satunya legenda Chelsea ini, Frank Leboeuf. Ia mengaku sama sekali tak memperhatikan ajang pemberian penghargaan tahunan tersebut.

"Saya tidak terlalu peduli tentang itu," ketusnya pada ESPN.

2 dari 2 halaman

Ballon d'Or Bodoh dan Tak Masuk Akal

Frank Leboeuf kemudian mengambil contoh grup band. Leboeuf mengatakan jika ada satu anggota saja yang menerima penghargaan, maka anggota band lainnya pasti tak bakal senang.

"Musisi, mereka memiliki penghargaan setiap tahun. Bagaimana jika selama The Beatles atau Rolling Stones [aktif], katakanlah John Lennon atau Mick Jagger memenangkan penghargaan pribadi untuk tahun mereka menjadi musisi atau penyanyi terhebat? Bagaimana The Beatles akan bereaksi terhadap itu?"

"Itu hal yang sama bagi saya. Itu bodoh," ketus Leboeuf.

"Itu benar-benar bodoh untuk memberikan penghargaan pribadi dan individu ke dalam olahraga kolektif. Seperti akan bodoh untuk memberi John Lennon ketika ia milik The Beatles penghargaan hanya untuk dirinya sendiri. Itulah yang saya pikirkan tentang Ballon d'Or. Itu tidak masuk akal bagi saya," tegasnya.

Tahun ini, mantan tim Frank Leboeuf yakni Chelsea mengirim lima wakilnya dalam lima nominasi Ballon d'Or 2021. Mereka adalah Cesar Azpilicueta, Mason Mount, Jorginho, N'Golo Kante, dan Romelu Lukaku.

(ESPN)

KOMENTAR