BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Karena Owen dan Klub yang Kurang Gercep, Ronaldo pun Gagal Merapat ke Liverpool

31-10-2020 03:28 | Dimas Ardi Prasetya

Cristiano Ronaldo saat beraksi bersama timnas Portugal ketika melawan Prancis. (c) AP Photo Cristiano Ronaldo saat beraksi bersama timnas Portugal ketika melawan Prancis. (c) AP Photo

Bola.net - Mantan manajer Liverpool Gerard Houllier mengungkapkan Cristiano Ronaldo sebenarnya hampir merapat ke Anfield akan tetapi ia malah gabung Manchester United karena faktor Michael Owen dan klub yang kurang bergerak dengan cepat untuk mengamankan servisnya.

Ronaldo gabung dengan Man United pada tahun 2003 silam. Saat itu ia dibeli dari Sporting Lisbon dengan bandrol sekitar 12.24 juta pounds.

Biaya itu membuatnya menjadi remaja termahal dalam sejarah sepak bola Inggris. Namun sebelum pindah ke Old Trafford, legenda Liverpool yakni Phil Thompson mengaku bahwa The Reds sebenarnya sudah nyaris mencapai kata sepakat untuk pindah ke Anfield.

Namun ia tak memberikan penjelasan lebih lanjut. Namun kini Houllier memberikan penjelasan yang sedikit lebih rinci.

1 dari 2 halaman

Gaji dan Owen

Gerard Houllier mengungkapkan bahwa Liverpool sebenarnya sudah cukup lama mengendus talenta Cristiano Ronaldo. Bahkan The Reds berencana merekrutnya sekaligus bersama dengan Ricardo Quaresma.

Akan tetapi Liverpool kemudian mengalami dilema soal gaji yang diminta Ronaldo. Ia meminta gaji yang terlalu besar, dan The Reds tak bisa menurutinya karena adanya Michael Owen.

“Phil benar karena kami kehilangannya tetapi ada banyak orang yang bisa mengatakan itu juga. Pada 2002, tahun saya sakit, kami memutuskan untuk mengambil Ronaldo dan Ricardo Quaresma, dua pemain Sporting CP. Mereka telah memenangkan turnamen Toulon bersama Portugal dan sangat bagus di sayap," kenangnya pada Goal.

“Kami telah mengikuti Cristiano selama setahun, tetapi itu sedikit menyeret karena pada tingkat gaji itu lebih menuntut daripada apa yang bisa kami lakukan untuk Ronaldo," tuturnya.

“Anda harus tahu bahwa ada kebijakan gaji di Liverpool dan Michael Owen baru saja memenangkan Ballon d'Or. Anda tidak bisa memberi anak berusia 17 tahun gaji yang lebih tinggi darinya," terangnya.

2 dari 2 halaman

Klub yang Kurang Gercep

Gerard Houllier kemudian mengungkapkan bahwa Liverpool sebenarnya sudah sering melakukan kontak dengan Cristiano Ronaldo. Namun semuanya buyar setelah CR7 mengikuti laga uji coba melawan Manchester United.

Sebab harganya kemudian otomatis naik. Houllier mengatakan jika saja saat itu klub bekerja dengan lebih cepat maka Ronaldo kemungkinan besar bisa didaratkan ke Anfield.

“Harganya berubah dari 4 juta pounds menjadi 13 juta pounds dan kami tidak bisa menyamainya," ucapnya.

“Mungkin juga perekrut kami seharusnya langsung mengatakan ya, tetapi ia ingin memastikan, untuk tidak membuat kesalahan," seru Houllier.

Kepindahan ke Manchester United dan bukan ke Liverpool itu sendiri terbukti jitu bagi Cristiano Ronaldo. Sebab di Old Trafford ia berkembang jadi pemain kelas dunia.

(Goal)

KOMENTAR