BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kamus Thomas Tuchel, Wing-Back itu Bukan Pemain Bertahan!

02-11-2021 10:20 | Richard Andreas

Selebrasi bek Chelsea, Reece James (c) AP Photo
Selebrasi bek Chelsea, Reece James (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea mengalahkan Newcastle United dengan skor telak 3-0 dalam duel Premier League akhir pekan lalu. Menariknya, kemenangan kali ini jadi saksi ketangguhan bek-bek Chelsea.

The Blues memasuki pertandingan tersebut dengan absennya sejumlah pemain penting seperti Romelu Lukaku dan Timo Werner. Artinya, Thomas Tuchel harus mencari cara untuk menjaga ancaman gol timnya.

Kali ini ada nama Reece James yang jadi solusi untuk masalah tersebut. James mencetak dua dari tiga gol Chelsea. Keduanya terbilang gol fantastis.

Sebagai wing-back, dua gol James ini jadi catatan istimewa yang mendapatkan sorotan lebih. Lantas apa kata Tuchel?

1 dari 2 halaman

Wing-back main di tengah

Tuchel bermain dengan formasi tiga bek. Artinya ada tiga bek tengah sentral yang diapit oleh dua wing-back. James sendiri berperan sebagai wing-back kanan.

Dalam formasi itu, Tuchel merasa posisi wing-back tidak termasuk pemain bertahan. Artinya, wajar Reece James bisa naik dan mencetak gol.

"Saya kira angka itu akan terlihat sedikit berbeda jika Anda memandang wing-back lebih sebagai gelandang. Seab jika Anda bermain dengan tiga bek, sebenarnya itu bukan benar-benar posisi bek sayap."

2 dari 2 halaman

Wing-back bukan pemain bertahan

Tuchel juga menegaskan bahwa dalam sistem Chelsea sekarang, wing-back bukanlah pemain bertahan murni. Memang mereka sesekali mundur dan membantu pertahanan, tapi menurunya wing-back tetap bukan pemain bertahan.

"Saya tiidak akan menyebut mereka pemain bertahan, tapi benar dalam sejumlah momen mereka harus bertahan seperti bek," lanjut Tuchel.

"Namun, mereka dibebaskan menusuk kotak penalti lawan, lebih bebas daripada saat mereka menjadi full-back."

Sumber: Chelsea

KOMENTAR