BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kalahkan Leverkusen, Liverpool Menangi Perburuan Wonderkid Asal Ghana

31-05-2021 23:56 | Dimas Ardi Prasetya

Skuad Liverpool merayakan gol Alisson Becker ke gawang West Brom, Minggu (16/5/2021) (c) Pool Getty via AP Photo
Skuad Liverpool merayakan gol Alisson Becker ke gawang West Brom, Minggu (16/5/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Raksasa Premier League Liverpool dikabarkan telah mengalahkan Bayer Leverkusen dalam perburuan wonderkid asal Ghana, Fatawu Abdul Issahaku.

Saat ini Issahaku masih sangat belia, 17 tahun. Ia sebelumnya bermain untuk klub divisi dua di negaranya, Steadfast FC.

Ia sudah menjadi bagian dari skuat Ghana U-20. Di awal tahun ini ia membawa negaranya memenangi turnamen Piala Afrika U-20 dan bahkan terpilih sebagai pemain terbaik.

Penampilannya itu membuatnya terpanggil untuk membela tim senior Ghana pada bulan Maret. Ia kemungkinan akan bisa bermain lawan Maroko dan Pantai Gading bulan depan dalam laga uji coba.

1 dari 3 halaman

Raih Kesepakatan Dengan Liverpool

Bakat Fatawu Abdul Issahaku yang besar akhirnya menarik perhatian tim-tim dari Eropa. Salah satunya adalah tim Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Kabarnya ia sudah nyaris pindah ke Leverkusen. Akan tetapi kemudian Issahaku tak jadi merapat ke klub tersebut.

Kabar tersebut dilansir oleh Mirror. Laporan itu juga menyebut Liverpool dan Borussia Dortmund ikut memburunya.

Pada akhirnya, Liverpool yang memenangkan perburuan Fatawu Abdul Issahaku. Kabarnya ia akan direkrut dengan bandrol satu setengah juta pounds saja.

2 dari 3 halaman

Kendala Perekrutan Issahaku

Namun laporan itu juga menambahkan, Liverpool akan menghadapi kendala dalam memboyong Fatawu Abdul Issahaku ke Inggris. Sebab sang wonderkid belum memiliki izin kerja untuk masuk ke negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Masalah ini sudah pernah terjadi sebelumnya. Tepatnya bersama striker asal Nigeria, Taiwo Awoniyi.

Ia gabung dengan Liverpool sejak tahun 2015 lalu. Namun sampai sekarang ia sama sekali belum pernah menjalani debutnya dengan The Reds.

Solusinya, Liverpool pun meminjamkan Awoniyi ke klub lain lebih dahulu. Dan baru di awal bulan Mei ini ia mendapat izin kerja di Inggris. Tampaknya, mereka juga akan memilih opsi serupa dengan Fatawu Abdul Issahaku.

3 dari 3 halaman

Agen Issahaku Berulah

Laporan itu juga meyebutkan faktor yang membantu Liverpool memenangi perburuan Fatawu Abdul Issahaku. Kabarnya agen Issahaku berulah.

Sang agen disebut membuat Leverkusen kesal karena ia mengubah jadwal pertemuan secara mendadak. Selain itu Liverpool juga dikabarkan berani menawarkan uang transfer dua kali lipat ketimbang klub tersebut.

Issahaku sendiri dikabarkan sudah menjalani tes medis. Liverpool juga disebut memberikan kontrak yang menggiurkan untuk sang wonderkid dan agennya.

Fatawu Abdul Issahaku menjadi perekrutan kedua Liverpool pada musim panas ini. Sebelumnya mereka sudah resmi merekrut bek asal Prancis dari RB Leipzig, Ibrahima Konate.

(Mirror)

KOMENTAR