BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kai Havertz dan Timo Werner, Dua Penyebab Frank Lampard Dipecat?

26-01-2021 04:00 | Richard Andreas

Pemain Chelsea, Kai Havertz. (c) AP Photo Pemain Chelsea, Kai Havertz. (c) AP Photo

Bola.net - Ada beberapa faktor penyebab kegagalan Frank Lampard di Chelsea. Salah satu yang paling kentara adalah ketidaksanggupannya memaksimalkan potensi Kai Havertz dan Timo Werner.

Senin (25/1/2021) kemarin, Chelsea mengumumkan pemecatan Lampard yang langsung jadi topik utama. Sudah diduga, tapi tetap saja mengejutkan.

Keputusan pemecatan ini lantas menuai dua respons ekstrem. Sebagian setuju Lampard gagal, sebagian lain merasa Lampard seharusnya diberi kesempatan lebih.

Bagaimanapun, terlepas dari perdebatan tersebut, yang tidak terbantahkan adalah kasus Havertz dan Werner ini. Apa masalahnya?

1 dari 3 halaman

Duo Jerman yang kesulitan

Havertz dan Werner merupakan dua bintang Jerman yang paling berbakat saat ini, masih muda dan potensial. Pembelian keduanya menghabiskan sampai 120 juta euro dari Bayer Leverkusen dan RB Leipzig.

Namun, sejauh ini performa keduanya masih mengecewakan. Baru 5 gol dan 6 assists dalam 35 pertandingan di Premier League, jelas terlalu rendah.

Werner belum mencetak gol di liga sejak November 2020 lalu, Havertz bahkan lebih buruk lagi. Masalahnya, Lampard pun tidak benar-benar membantu.

2 dari 3 halaman

Penempatan pemain

Lampard bersikeras bahwa Werner dan Havertz kesulitan hanya karena butuh waktu adaptasi. Premier League selalu sulit bagi pemain baru, khususnya pemain muda.

Namun, Lampard pun patut dikritik dalam penempatan dua pemain tersebut. Dia terus bereksperimen, menurunkan Havertz dan Werner di posisi-posisi yang tak lazim.

Sebut saja Havertz, yang sudah mengisi sampai tujuh posisi berbeda. Perubahan terus-menerus seperti ini justru mempersulit Havertz, adaptasinya kian panjang.

Werner pun demikian. Dia seharusnya bermain sebagai striker murni, tapi Lampard bersikeras memainkannya di sisi kiri.

3 dari 3 halaman

Tuchel harus lebih baik

Singkatnya, Lampard pun ikut bersalah dalam kesulitan duo Jerman, kesalahan yang justru mendorong kepergiannya sendiri. Siapa pun pelatih baru Chelsea nanti harus bisa memperbaiki masalah ini.

Kabarnya Thomas Tuchel jadi kandidat terdepan usai dipecat PSG beberapa waktu lalu. Tuchel harus mencari cara memaksimalkan potensi Werner dan Havertz.

Yang jelas, Tuchel tidak memiliki sentimen terhadap pemain-pemain asli Inggris seperti yang ditudingkan pada Lampard.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR