BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jurgen Klopp Bandingkan Liverpool dengan Class of '92 MU, Ada Kemiripan?

09-08-2019 13:00 | Richard Andreas

Jurgen Klopp dan Mohamed Salah (c) AP Photo Jurgen Klopp dan Mohamed Salah (c) AP Photo

Bola.net - Jurgen Klopp sekali lagi membela diri terkait sikap pasif Liverpool di bursa transfer kali ini. Dia mengingatkan bahwa banyak tim besar dalam sejarah yang mempertahankan skuad juara selama bertahun-tahun.

The Reds dianggap sebagai salah satu kandidat juara Premier League 2019/20 ini. Bagaimanapun, status juara bertahan Liga Champions dan runner-up Premier League musim lalu membuktikan bahwa kekuatan Liverpool tak bisa diremehkan.

Biar begitu, muncul keraguan usai melihat ketenangan Liverpool di bursa transfer. Ketika Manchester City membeli Rodri dan Joao Cancelo, Liverpool tenang. Saat Arsenal mendatangkan Dani Ceballos, Nicolas Pepe, dan David Luiz, Liverpool tetap tenang.

Klopp tahu sikap itu membuat fans khawatir, tapi dia menjamin tidak akan ada masalah. Baca komentar Klopp selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Persatuan Tim

Klopp mencoba menyoroti riwayat tim-tim terbaik dalam sejarah sepak bola. Seingatnya, tim-tim tersebut terus dipertahankan selama beberapa tahun. Skuad juara selalu jadi skuad terbaik.

"Tim-tim besar di masa lalu - saya tidak mengatakan bahwa sekarang kami layak dianggap sebagai tim besar, itu bakal diputuskan beberapa tahun lagi - mereka tetap bersama selama beberapa tahun," kata Klopp di Liverpoolfc.com.

"Mereka tidak membutuhkan banyak perubahan. Saya tidak membandingkan kami dengan Barcelona lima, enam, atau tujuh tahun lalu, tetapi tim mereka bertahan bersama."

"Memang ada pemain baru datang tetapi dia kesulitan, jadi tetap pemain-pemain lama yang bermain bersama lagi," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Seperti MU

Sebab itu, Klopp yakin Liverpool yang sekarang tidak perlu banyak diubah. Memang keputusan tidak membeli pemain baru itu berisiko, tetapi setidaknya risiko itu layak diambil.

"MU punya class of '92. Berapa lama mereka bertahan bersama? Mereka hanya berubah sesaat setelah Cantona menua. Anda tidak bisa berubah secara total," sambung Klopp.

"Kami merupakan tim bagus yang menyatu dalam liga sangat sulit dengan banyak pesaing yang berusaha mencapai posisi kami."

"Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang akan terjadi, tapi laga Minggu lalu [Liverpool vs Man City di Community Shield] membuktikan bahwa kami bakal baik-baik saja, kami akan mengusahakan sisanya," pungkasnya.

(Liverpoolfc/Richard Andreas)

KOMENTAR