BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Jual Ronaldo, Beli Obertan: Bagaimana Nasib Transfer Manchester United Musim 2009/2010?

08-03-2021 16:14 | Asad Arifin

Critiano Ronaldo semasa membela MU. (c) IST Critiano Ronaldo semasa membela MU. (c) IST

Bola.net - Musim 2009/2010 menjadi musim yang penting bagi Manchester United. Sebab, pada musim itu, United melepas Cristiano Ronaldo dan gagal menjadi juara Premier League.

United melepas Ronaldo ke Real Madrid. Transfer ini membuat United limbung. Pasukan Sir Alex Ferguson yang sebelumnya sukses menjadi juara Premier League tiga musim beruntun harus turun takhta.

Setan Merah harus merelakan Chelsea yang menjadi juara Premier League.

Selain kepergian Ronaldo, ada juga beberapa transfer penting yang dilakukan Ferguson pada musim 2009/2010. Lantas, seperti apa nasib para pemain yang datang dan pergi dari United pada musim itu? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 12 halaman

Antonio Valencia

Antonio Valencia (c) AFP Antonio Valencia (c) AFP

Antonio Valencia adalah pemain yang dibeli Ferguson untuk menggantikan peran Cristiano Ronaldo. United harus membayar 18.9 juta euro pada Wigan untuk bisa membeli Valencia.

Valencia awalnya bermain sebagai winger. Ferguson pun memainkan Valencia sebagai winger. Namun, di masa depan, Valencia justru menemukan level terbaiknya saat bermain sebagai bek kanan.

Valencia punya cara sendiri untuk mencatatkan namanya di sejarah United. Dia tidak menjadi pengganti Ronaldo, tapi menjadi bagian penting dari sejarah United. Valencia pernah jadi kapten Setan Merah.

2 dari 12 halaman

Mame Diouf

Mame Biram Diouf (c) AP Photo Mame Biram Diouf (c) AP Photo

Mame Diouf dibeli dari Molde pada Januari 2010. United membelinya usai mencatatkan 16 gol dari 30 laga di Liga Norwegia. Namun, Mame Diouf tidak mampu tampil mengesankan di United.

Pada musim 2010/2011, dia segera dipinjamkan ke Blackburn.

Selanjutnya, Mame Diouf tak lagi punya masa depan di United. Dia dilepas ke Hannover pada 2012 dengan harga 1.8 juta euro. Kini, Mame Diouf bermain di klub Turki yakni Hatayspor.

3 dari 12 halaman

Gabriel Obertan

Gabriel Obertan (c) PA Gabriel Obertan (c) PA

Selain Valencia, Ferguson juga membeli Obertan sebagai pengganti Ronaldo. Obertan saat itu baru berusia 20 tahun. Dia diyakini sebagai pemain dengan bakat besar lantaran tampil apik di Ligue 1.

United membeli Obertan dari Bordeaux dengan harga 4 juta euro.

Obertan gagal bersinar di United. Dia gagal menembus tim utama dan tidak mencetak satu pun gol di Premier League sebelum dilepas ke Newcastle pada 2011. Obertan kini bermain untuk klub Turki, Erzurumspor.

4 dari 12 halaman

Michael Owen

Michael Owen (c) MUFC Michael Owen (c) MUFC

Michael Owen bergabung dengan United dengan status bebas transfer. Saat itu, dia dianggap sudah habis usai gagal tampil bagus bersama Newcastle. Padahal, Owen baru berusia 29 tahun.

Owen lebih banyak menjadi cadangan di United. Dia acap kali mengalami cedera. Owen hanya mencetak lima gol dari tiga musimnya bersama United di Premier League.

Dari lima gol tersebut, ada satu yang dikenang United. Owen mencetak gol ke gawang Man City pada menit ke-90 pada musim 2009/2010. Gol itu membuat United menang 4-3.

5 dari 12 halaman

Carlos Tevez

Carlos Tevez (c) AFP Carlos Tevez (c) AFP

Ferguson punya peluang untuk membeli Carlos Tevez secara permanen dari West Ham pada musim 2009/2010. Akan tetapi, dia tidak mengambil opsi itu. Tevez kemudian pindah ke kubu Man City.

Carlos Tevez, terlepas dari kontroversi sebelum pindah, punya peran penting di Man City. Dia memberikan satu gelar juara bagi Man City.

Di United, Tevez menjadi sosok yang akan dikenang para fans. Dia memberikan dua gelar Premier League dan satu Liga Champions. Saat ini, Tevez bermain untuk Boca Juniors.

6 dari 12 halaman

Danny Drinkwater

Danny Drinkwater (c) AFP Danny Drinkwater (c) AFP

Tidak banyak yang menduga bahwa Danny Drinkwater adalah pemain didikan akademi United. Wajar saja, dia memang tidak pernah menembus tim utama san lebih sering dipinjamkan.

Pada musim 2009/2010, United meminjamkan Drinkwater ke Huddersfield. Kala itu dia berusia 19 tahun dan memainkan 35 laga di League One.

Nama Drinkwater mencuat sejak pindah ke Leicester pada 2011. Drinkwater membawa Leicester promosi ke Premier League pada 2014 dan meraih gelar juara dua tahun kemudian.

7 dari 12 halaman

Fraizer Campbell

Campbell bermain bagus ketika United meminjamkannya ke Antwerp pada 2006/2007. Dia mencetak 21 gol dari 31 laga. Namun, saat kembali ke United, Campbell tak mampu masuk dalam starting XI secara reguler.

United menjual Campbell ke Sunderland pada musim 2009/2010 dengan harga 4 juta euro.

Campbell tetap eksis di sepak bola Inggris. Namun, empat musim terakhir, dia hanya bermain di Champions. Musim ini, dia membela Huddersfild dan berjuang untuk membawa timnya promosi ke Premier League.

8 dari 12 halaman

Manucho

Manucho (c) AFP Manucho (c) AFP

Manucho menjadi salah satu transfer aneh yang dilakukan United pada era Ferguson. Dia dibeli dari Petro Luanda dengan harga 1 juta euro. Saat itu, tak banyak catatan impresif soal Manucho.

Manucho kemudian tidak pernah mampu bermain reguler di United. Pada musim 2009/2010, dia harus dipinjamkan ke Real Valladolid. Dia mencetak empat gol dari 28 laga di La Liga.

Pemain asal Angola itu kini bermain untuk klub Segunda B, Cornella.

9 dari 12 halaman

Tom Cleverley

Tom Cleverley saat masih membela Manchester United (c) FIFA Tom Cleverley saat masih membela Manchester United (c) FIFA

Cleverley adalah pemain didikan akademi United. Pada era Sir Alex Ferguson, dia sempat jadi andalan di lini tengah. Akan tetapi, pasca Fergie pensiun, dia tidak lagi dipakai manajer United lain.

Sebelum menjadi andalan Fergie, Cleverley sempat dipinjamkan ke Watford, salah satunya pada musim 2009/2010. Saat itu, dia mampu tampil bagus bersama Watford dengan mencetak 11 gol dari 33 laga di Championship.

Cleverley kini berusia 31 tahun. Sejak 2016 lalu, dia bermain untuk Watford. Kini, dia berjuang untuk membawa Watford kembali ke Premier League.

10 dari 12 halaman

Zoran Tosic

Zoran Tosic (c) AFP Zoran Tosic (c) AFP

United membeli Zoran Tosic pada Januari 2009. Saat itu, pada usia 22 tahun, dia disebut sebagai salah satu calon gelandang top Eropa. United pun membelinya dengan harga 7 juta euro.

Namun, Zoran Tosic gagal menembus tim utama United. Satu tahun berada di Old Trafford, dia hanya bermain selama 15 menit di Premier League. Pada Januari 2010, dia dipinjamkan ke Koln.

Zoran Tosic kini bermain untuk klub China League One, Taizhou Yuanda.

11 dari 12 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (c) AFP Cristiano Ronaldo (c) AFP

Ronaldo mencetak 18 gol pada musim 2008/2009 dan membawa United menjadi juara Premier League. Ini adalah gelar juara ketika secara beruntun yang didapat Setan Merah.

Setelah itu, Ronaldo pindah ke Real Madrid dengan harga 94 juta euro.

Ronaldo tampil sangat bagus di Real Madrid. Dia meraih empat gelar juara Liga Champions dan Ballon d'Or. Ronaldo ketika pindah ke Juventus pada 2018 lalu, tercatat sebagai top skor sepanjang masa Real Madrid.

12 dari 12 halaman

Danny Welbeck

Danny Welbeck (c) MUFC Danny Welbeck (c) MUFC

Danny Welbeck saat ini masih menyandang status sebagai wonderkid. Dia baru berusia 19 tahun dan dinilai punya masa depan bagus bersama skuad utama United.

Ferguson meminjamkan Danny Welbeck ke Preston North End lantaran sulit bersaing di tim utama. Walau hanya tiga bulan bermain di Preston, dia tampil bagus dengan mencetak dua gol dari delapan laga.

Welbeck mengalami banyak momen sulit dalam karirnya karena cedera. Dia sempat bermain untuk Arsenal dan Watford sebelum dipinang Brighton pada awal musim lalu.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR