BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Josep Guardiola: Carabao Cup Seharusnya Ditiadakan

21-01-2020 09:36 | Yaumil Azis

Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, mengkritik jadwal kompetisi sepak bola di Inggris yang menurutnya terlalu padat. Terlebih dengan adanya wacana penambahan pertandingan di ajang terbesar Eropa, Liga Champions.

Perlu diketahui bahwa di Inggris sendiri ada tiga kompetisi yang harus diikuti setiap tim Premier League. Kompetisi yang dimaksud adalah Premier League, Carabao Cup, dan juga FA Cup.

Ditambah dengan Liga Champions serta Liga Europa, tujuh tim teratas dalam klasemen akhir harus menghadapi empat ajang dalam satu musim. Hal ini membuat kompetisi di Inggris tidak memiliki jeda seperti pada liga-liga lainnya.

Belum lagi kalau salah satu dari tim tersebut berhasil menjadi juara Liga Champions, seperti yang dialami Liverpool. Mereka harus mengikuti ajang Piala Dunia Antarklub dan itu artinya, tim tersebut berpartisipasi dalam lima kompetisi dalam satu musim.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Butuh 400-500 Hari dalam Setahun

Padatnya jadwal ini akhirnya membuahkan dampak negatif. Liverpool sampai harus menurunkan skuat mudanya guna menjalani ajang Carabao Cup karena agendanya bertabrakan dengan Piala Dunia Antarklub.

Liverpool telah mewanti-wanti akan mogok jika tidak diberikan jadwal baru. Sementara dari pihak penyelenggara pun sudah tak bisa mencarikan solusi. Namun, karena adanya hukuman, the Reds terpaksa menurunkan skuat mudanya dan merelakan ajang tersebut.

Situasinya tentu akan semakin sulit terkendali jika wacana penambahan laga Liga Champions yang sedang dirancang UEFA dan ECA terlaksana. Dan Guardiola mengakui bahwa 365 hari dalam setahun tidak akan cukup bagi timnya jika ingin ikut semua ajang itu.

"Saya pikir solusinya adalah anda harus membuat setahun berisikan 400 hari. 400 atau 500. Setelahnya barulah kami bisa membuat ajang lainnya. Mungkin UEFA atau FIFA bisa bicara soal itu. Kami punya beberapa hari dalam setahun, itu masalahnya," ujar Guardiola dikutip dari Goal International.

2 dari 2 halaman

Solusi: Carabao Cup Ditiadakan

Guardiola menyindir UEFA. Namun pada dasarnya, ia ingin kompetisi di Inggris yang dikurangi. Pasalnya, berdasarkan pengalamannya melatih di Spanyol dan Jerman, Inggris adalah negara yang tidak memberikan perlindungan ke pemainnya.

"Pertandingan lebih sedikit [di Jerman, di Spanyol], lebih sedikit dari di sini. Di Bundesliga ada 18 tim, bukan 20, satu kejuaraan bukan dua. Mereka punya jeda, di Spanyol punya jeda. Kejuaraan dijalankan dengan satu laga, bukan dua, jadi itu perbedaan yang besar."

"Ini hanya untuk melindungi pemain, agar mereka bisa lebih menikmati, orangnya juga. Orang berkata bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa sepak bola, mereka bisa hidup tanpa sepak bola untuk sementara. Ini terlalu banyak," lanjutnya.

Salah satu solusi yang bisa ditawaran Guardiola adalah dengan mengurangi kompetisi di Inggris. Carabao Cup, yang mungkin tidak memiliki level gengsi yang besar, menjadi satu kompetisi yang menurutnya bisa dihapus.

"Pertandingan lebih sedikit, kompetisi lebih sedikit, tim lebih sedikit, kualitas lebih besar, kuantitas lebih sedikit. Semuanya akan menikmatinya. Orang-orang akan berkunjung ke teater, ke bioskop, restoran, melihat kembang api. Itulah yang akan mereka lakukan," pungkasnya.

(Goal International)

KOMENTAR

Terkuak, Kelemahan Dasar Pemain Sepak Bola Indonesia