BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jatah 5 Pergantian Pemain Tetap Berlaku untuk Musim 2020/21, Bagaimana Respons Liga?

16-07-2020 00:15 | Richard Andreas

Gambar ilustrasi bola. (c) AP Photo Gambar ilustrasi bola. (c) AP Photo

Bola.net - Perlahan-lahan, sepak bola mulai menyesuaikan diri dengan serangan virus corona. Mulai dari perpanjangan bursa transfer, sampai keputusan menambah kuota pergantian pemain.

Beberapa bulan lalu, tepatnya 8 Mei 2020, International Football Association Board (IFAB) mengizinkan tambahan slot pergantian pemain guna meringankan kerja klub di sisa musim 2019/20 ini.

Awalnya hanya 3 slot pergantian pemain, kemudian klub-klub diizinkan melakukan sampai 5 pergantian pemain. Keputusan ini jelas menguntungkan dan langsung diaplikasikan di berbagai liga.

Kini, Rabu (15/7/2020), setelah melewati diskusi panjang, petinggi IFAB memutuskan memperpanjang kelonggaran itu sampai musim depan. Ya, jatah 5 pergantian pemain itu akan tetap berlaku di musim 2020/21.

Mengapa demikian? Mengutip Sky Sports, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Demi para pemain

"Didasarkan pada analisis mendalam terhadap masukan para pemangku kepentingan dan analisis dampak Covid-19 terhadap penuntasan kompetisi, IFAB telah menyetujui perpanjangan opsi ini [5 pergantian pemain] sampai kompetisi yang dijadwalkan selesai pada 31 Juli 2021 dan kompetisi internasional yang dijadwalkan pada Juli/Agustus 2021)."

Keputusan IFAB ini jelas menguntungkan para pemain. Sebab, karena kompetisi 2019/20 ini molor sampai bulan Agustus, berarti jadwal dimulainya musim 2020/21 bakal ikut molor.

Karena itulah besar kemungkinan liga-liga top Eropa bakal memadatkan jadwal pertandingan di musim 2020/21 mendatang, dalam usaha menyelesaikan kompetisi di bulan Mei seperti biasa.

Tentu, para pemainlah yang paling dirugikan dengan jadwal pertandingan yang terlalu padat. Kebugaran mereka dipertaruhkan, cedera siap menyerang.

2 dari 2 halaman

Respons negatif

Kendati demikian, yang perlu diperhatikan adalah bahwa IFAB memberikan kebebasan pada setiap liga untuk mengambil keputusan sendiri. Izin 5 pergantian pemain hanya berupa anjuran, bukan paksaan.

Kebebasan ini juga akan memengaruhi Premier League. Menurut Sky Sports, klub-klub Premier League bakal bertemu kembali pada 24 Juli mendatang untuk mendiskusikan perkara ini.

Yang jelas, ketika kabar informasi ini diumumkan, beberapa analis senior Premier League memberikan respons negatif. Sebut saja Gary Neville dan Jamie Carragher yang tetap memihak jatah 3 pergantian pemain.

Kira-kira bagaimana Bolaneters, tetap dengan 3 pergantian pemain atau tambah jadi 5? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

KOMENTAR