Janji Eric Cantona Jika Old Trafford Ganti Nama: Saya Berhenti dari Sepak Bola Selamanya

Abdi Rafi Akmal | 27 September 2022, 15:52
Eric Cantona (c) AFP
Eric Cantona (c) AFP

Bola.net - Sepak bola modern memungkinkan perubahan nama stadion menggunakan sponsor-sponsor yang menaunginya, seperti yang sudah terjadi di beberapa klub. Legenda Manchester United Eric Cantona akan sangat kecewa, marah, dan sedih jika sampai nama Old Trafford ikut-ikutan diganti.

Ia mencontohkan yang paling terasa adalah penamaan stadion Arsenal saat ini, Emirates Stadium. Padahal dulu, nama yang melegenda adalah Highbury.

Ada pula West Ham yang kini menamai stadionnya dengan nama London Stadium. Padahal nama yang lebih dulu terkenal adalah Upton Park.

Oleh sebab itu, Cantona merasa heran kenapa nama-nama stadion bisa berganti dengan mudah. Padahal menurutnya, nama dari stadion adalah jiwa dari kandang tim.

1 dari 4 halaman

Kehilangan Jiwa

Penampakan Emirates Stadium  (c) Bola.net/Fitri Apriani

Penampakan Emirates Stadium (c) Bola.net/Fitri Apriani

Cantona tidak sungkan menyebut kandang dari Arsenal dan West Ham telah kehilangan jiwanya. Padahal, nama stadion adalah bagian tidak terpisahkan dari sejarah perkembangan klub.

"Kami berbicara tentang stadion sepak bola favorit saya sebelumnya, tetapi sekarang semua stadion disebut Emirates atau Allianz. Stadion-stadion ini kehilangan jiwa dan sejarah klub, seperti Arsenal dan West Ham,” katanya kepada The Athletic.

"Saya bermain di stadion lama itu, seperti Highbury dan Upton Park. Saya berbicara dengan beberapa penggemar Arsenal dan mereka membenci stadion baru ini. Para penggemar ini kehilangan jiwa klub mereka.”

2 dari 4 halaman

Masih Ada yang Bertahan

Suporter Liverpool di Anfield. (c) AFP

Suporter Liverpool di Anfield. (c) AFP

Di sisi lain, Cantona senang masih ada beberapa klub yang mempertahankan nama stadionnya. Ia merujuk pada nama stadion milik Manchester United dan Liverpool.

“Untungnya, Old Trafford masih Old Trafford. Anfield tetaplah Anfield," ucap dia.

“Tapi bisakah Anda membayangkan Old Trafford menjadi stadion baru yang disebut dengan sebuah merek?"

3 dari 4 halaman

Old Trafford adalah Old Trafford

Suporter Manchester United berkumpul di luar stadion Old Trafford. (c) AP Photo

Suporter Manchester United berkumpul di luar stadion Old Trafford. (c) AP Photo

Pria 56 tahun ini tidak ingin nama Old Trafford berubah sampai kapanpun. Jika sampai terjadi, ia tidak segan untuk memutuskan keluar dari sepak bola selamanya.

“Jika suatu hari mereka melakukan itu, saya minta maaf tapi saya bukan penggemar United lagi. Dan saya berhenti dari sepakbola selamanya!” katanya.

“Tapi tolong, jangan sebut stadion ini Nestle, atau Amazon. Old Trafford adalah Old Trafford."

Sumber: The Athletic

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR