Jagoan Tendangan Bebas, Son Heung-min Kok Gak Dipercaya di Tottenham?

Richard Andreas | 27 September 2022, 06:00
Selebrasi winger Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo
Selebrasi winger Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo

Bola.net - Son Heung-min tampil impresif untuk Korea Selatan di jeda internasional kali ini. Dia baru saja mencetak tendangan gol impresif di laga imbang 2-2 dengan Kosta Rika.

Son layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik Tottenham dalam beberapa tahun terakhir. Dia dipercaya dalam tugas mencetak gol, kombinasinya dengan Harry Kane pun terbilang impresif.

Gol-gol Son seringkali mencuri perhatian karena termasuk gol indah dan akrobatik. Namun, Son jarang mengeksekusi tendangan bebas di Tottenham.

Situasi di Tottenham jauh berbeda dengan situasinya di tim Korea Selatan. Tercatat, Son telah mencetak tiga gol langsung dari tendangan bebas untuk timnas di tahun 2022 ini.

1 dari 3 halaman

Harusnya Son yang eksekusi

Di Tottenham, kesempatan tendangan bebas biasanya diambil oleh Harry Kane dan Eric Dier. Masalahnya, dua pemain itu tidak benar-benar efektif dan sudah lama tidak mencetak gol.

Situasi inilah yang diperhatikan oleh Paul Robinson, analis Premier League. Menurutnya, sudah waktunya Son diberi kesempatan.

"Sungguh aneh bahwa Son tidak mengambil tendangan bebas," kata Robinson dikutip dari Football Insider.

"Memang ada banyak spesialis bola mati di Spurs, tapi tidak ada yang seproduktif Sonny. Dia punya kualitas luar biasa."

2 dari 3 halaman

Berikan pada Son

Menurut Robinson, pelatih Antonio Conte seharusnya menyerahkan tugas eksekutor tendangan bebas kepada Son Heung-min. Catatan apik Son beberapa bulan terakhir seharusnya jadi bukti.

"Dia mengambil tendangan bebas dari area-area lebar, tapi tidak dari area sentral, saya tidak tahu alasannya. Mengingat catatannya di level internasional, tidak ada alasan untuk tidak memberinya kesempatan," lanjut Robinson.

"Setelah tiga gol tendangan bebas akhir-akhir ini, saya akan membiarkan dia mengambil tendangan bebas dari mana pun," tutupnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR