Jack Grealish Juga Manusia, Bisa Tertekan Akibat Ekspektasi Orang Ketinggian

Abdi Rafi Akmal | 22 September 2022, 15:54
Selebrasi pemain Manchester City, Jack Grealish, setelah membobol gawang Leeds United dalam laga lanjutan Premier League hari Rabu (15/12/2021). (c) AP Photo
Selebrasi pemain Manchester City, Jack Grealish, setelah membobol gawang Leeds United dalam laga lanjutan Premier League hari Rabu (15/12/2021). (c) AP Photo

Bola.net - 117,5 juta Euro bukan dana yang sedikit untuk memboyong Jack Grealish dari Aston Villa. Tapi pada akhirnya Manchester City mengeluarkan uang sebesar itu. Grealish buka suara bahwa ekspektasi orang terhadap angka sebesar itu kadangkala membuatnya tertekan.

Bagaimana tidak tertekan, orang-orang kerap melabeli dirinya sebagai manusia 100 juta. Jika memang performanya memuaskan, mungkin tidak akan ada banyak komentar dari mulut orang terhadap biaya tersebut.

Masalahnya, Grealish yang berposisi sebagai penyerang sayap itu tidak punya catatan gol (7) dan assist (4) yang bahkan belum menyentuh dua digit. Padahal, ia sudah memasuki tahun keduanya membela Man City.

Grealish bahkan dipanggil timnas Inggris untuk UEFA Nations League. Orang-orang kembali mempertanyakan, lantaran ada banyak pemain yang dianggap lebih baik dari Grealish untuk mengisi slot tersebut.

1 dari 4 halaman

Berpengaruh

Penyerang sayap Manchester City, Jack Grealish merebut bola atas dari gelandang Wolverhampton, Matheus Nunes pada pekan ke-8 Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (17/9/2022) malam WIB.  (c) AP Photo

Penyerang sayap Manchester City, Jack Grealish merebut bola atas dari gelandang Wolverhampton, Matheus Nunes pada pekan ke-8 Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (17/9/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Tekanan publik yang besar itu diakui Grealish berpengaruh pada mentalnya sebagai individu. Ia berulang kali untuk mengacuhkan hal tersebut, tetapi ia tetap merasa tertekan.

“Ketika saya menandatangani kontrak di Man City dengan biaya 100 juta Poundsterling, saya tahu saya baru tidak akan ditertawakan jika saya memulai musim seperti Erling Haaland,” ujarnya kepada BBC Sport.

“Hanya itu satu-satunya cara supaya saya tidak kena cambuk omongan orang-orang. Dan saya tidak pernah mengatakan bahwa omongan itu tidak mempengaruhi saya. Saya adalah seorang anak yang berusia 27 tahun.”

2 dari 4 halaman

Bisa Autokritik

Para pemain Manchester City merayakan gol Jack Grealish ke gawang Wolverhampton pada pekan ke-7 Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (17/9/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Para pemain Manchester City merayakan gol Jack Grealish ke gawang Wolverhampton pada pekan ke-7 Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (17/9/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Grealish menjelaskan, tanpa harus banyak kritik yang dialamatkan pada dirinya, ia juga bisa melakukan autokritik. Pemain berusia 27 tahun itu sadar kapan permainannya jelek dan harus segera diperbaiki.

“Saya selalu mendapatkan kritikan dari orang-orang jika saya tidak bermain bagus. Padahal saya sendiri selalu melihat pertandingan saya dan saya sangat kritis terhadap diri saya sendiri,” ujar dia.

“Saya tahu bahwa ada beberapa pertandingan yang saya tidak menampilkan performa terbaik. Tapi saya akan terus melangkah dan memperbaiki performa.”

3 dari 4 halaman

Sudah Sesuai Arahan Pelatih

Jack Grealish dan Josep Guardiola (c) AP Photo

Jack Grealish dan Josep Guardiola (c) AP Photo

Menurut Grealish, apa yang ia lakukan di Man City sudah sesuai dengan arahan pelatih. Manajer Pep Guardiola itu sempat membenarkannya bahwa Grealish tampil sesuai harapan.

“Saya tahu kemampuan saya sendiri. Saya tahu orang-orang sering mengatakan bahwa saya harusnya bisa menggerakkan bola lebih cepat,” katanya.

“Tapi kalau saya main dengan Pep, dia meminta saya untuk menjaga bola selama yang saya bisa dan membawa bola itu terus bergerak di kaki saya. Itu lah yang selalu saya coba lakukan.”

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR