Jaap Stam Nilai Bintang Muda Feyenoord Ini Bisa Beradaptasi Dengan Baik di Arsenal

Dimas Ardi Prasetya | 5 Mei 2020, 19:28
Jaap Stam (c) afp
Jaap Stam (c) afp

Bola.net - Eks bek Manchester United Jaap Stam meyakini bintang muda Feyenoord Orkun Kokcu memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa beradaptasi di Arsenal.

Kokcu sempat bermain untuk timnas Belanda U-19. Namun ia kemudian beralih membela Turki U-21.

Ia tampil apik di musim debutnya bersama dengan Feyenoord di pentas Eredivisie. Pemain berusia 19 tahun ini mencetak tiga gol dan enam assist sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus corona.

Performa Kokcu langsung menarik perhatian beberapa klub besar Eropa. Salah satunya adalah Arsenal.

Sebelum pandemi corona, harganya ditaksir mencapai 20 hingga 25 juta pounds. Kini karena pandemi tersebut, harganya diyakini bakal menurun.

1 dari 2 halaman

Bisa Sukses di Premier League

Jaap Stam paham dengan kemampuan yang dimiliki oleh Orkun Kokcu. Ia pernah melatihnya di Feyenoord.

Ia lantas mengatakan bahwa bermain di Premier League itu sulit, terlebih setelah ia sebelumnya bermain di liga Belanda. Akan tetapi Stam yakin Kokcu bisa beradaptasi dengan baik dan meraih sukses di Inggris bersama Arsenal.

"Ia perlu menyesuaikan karena langkah ke Arsenal dan Premier League sama sekali berbeda ketika Anda membandingkannya dengan Belanda," kata Stam kepada Goal.

"Kecepatan permainan, kualitas, intensitasnya jauh lebih tinggi. Tapi ia memiliki kemampuan [untuk beradaptasi di Premier League]. Ia adalah pemain yang memiliki kepribadian yang ingin ditingkatkan, ia selalu ingin melakukan yang lebih baik," serunya.

"Ia tidak pernah bahagia dengan dirinya sendiri. Ia kecewa jika ia tidak mencetak gol, atau umpannya tidak cukup baik," terangnya.

2 dari 2 halaman

Terbaik di Belanda

Jaap Stam mengenang masa-masa awal dirinya melatih Feyenoord dan kemudian mengetahui bakat besar Orkun Kokcu. Awalnya banyak yang mengatakan bahwa ia belum siap dipromosikan ke tim senior.

Namun Stam mengabaikan semua omongan itu. Ia pun memberikannya kesempatan bermain. Sekarang ia senang melihat perkembangan Kokcan, yang disebutnya telah masuk barisan pemain terbaik di Eredivisie.

"Ketika saya bergabung dengan Feyenoord, ia belum banyak bermain karena semua orang mengatakan ia terlalu muda. Saya menempatkan dirinya di tim utama dan membiarkan dirinya memainkan sebagian besar pertandingan. Saya memercayainya dan melihat banyak kemampuan dalam dirinya," tutur Stam.

"Sekarang ia membuktikan dirinya di Belanda dan merupakan salah satu pemain lini tengah terbaik di negeri ini. Ia tentu saja memiliki kemampuan untuk membuat langkah itu ke Premier League," tandasnya.

(goal)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR