BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ini yang Harus Dilakukan Manchester United untuk Kalahkan Liverpool

16-01-2021 18:20 | Yaumil Azis

Manchester United merayakan gol yang dicetak Anthony Martial saat menghadapi Aston Villa dalam laga lanjutan Premier League, Sabtu (2/1/2021). (c) AP Photo Manchester United merayakan gol yang dicetak Anthony Martial saat menghadapi Aston Villa dalam laga lanjutan Premier League, Sabtu (2/1/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United akan menghadapi Liverpool dalam laga pekan ke-18 Premier League 2020/2021. Laga ini bakal dihelat di Anfield, Minggu (18/01) malam.

Saat ini, United berada di peringkat pertama klasemen, dengan raihan 36 poin dari 17 laga. Sementara, Liverpool berada di posisi dua dengan koleksi 33 dari 17 pertandingan.

Bagi United, laga ini merupakan ujian berat. Pasalnya, ini merupakan kesempatan pertama bagi mereka untuk mempertahankan posisi puncak klasemen. Terpeleset pada laga ini, bisa dipastikan singgasana Setan Merah bakal direbut Liverpool.

Jelang pertandingan ini, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan United untuk bisa meraih kemenangan dari Liverpool. Apa saja hal-hal tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Efektifkan Penyerangan

Dalam aspek penyerangan, sejatinya, United cukup apik. Saat ini produktivitas gol mereka, yang mencapai 34 gol, berada di peringkat dua di antara tim-tim peserta Premier League.

Bahkan, produktivitas United ini lebih baik ketimbang nilai xG mereka. Dalam penilaian infogol, nilai xG United berada di angka 31,0. Artinya, capaian gol United ini lebih bagus ketimbang peluang-peluang yang mereka buat dalam pertandingan.

Namun, keganasan lini serang United ini menurun. Dalam pertandingan terakhir misalnya. Pada laga kontra Burnley tersebut, United memiliki nilai xG sebesar 1,24. Namun, pada laga tersebut, Setan Merah hanya bisa mencetak satu gol. Artinya, ada sejumlah peluang yang tidak bisa dimaksimalkan untuk menjadi gol.

Dalam laga tersebut, United juga mampu melepas sembilan tembakan dari dalam kotak penalti Burnley. Namun, nilai xG mereka hanya 1,24. Ini artinya, para penggawa United harus membenahi skema penyerangan mereka agar kualitas peluang yang dimiliki bisa lebih bagus.

2 dari 4 halaman

Rapatkan Pertahanan

Di sisi pertahanan, United terkenal memiliki benteng pertahanan yang rapuh. Dari 17 laga, gawang mereka sudah bobol 24 kali. Ranking pertahanan United berada di posisi 12 dari 20 tim peserta klasemen.

Rapuhnya pertahanan United ini masih tampak pada laga terakhir mereka, kontra Burnley. Pada laga tersebut, para penggawa Burnley sempat tujuh kali melepas sepakan di dalam kotak penalti United. Nilai xG Burnley dari peluang-peluang mereka waktu itu pun cukup tinggi, 0,65.

Dari tujuh sepakan itu, empat di antaranya -termasuk sepakan Matej Vydra yang memiliki nilai xG tertinggi- melenceng dari sasaran. Bisa jadi, jika peluang tersebut bisa dieksekusi dengan baik, hasil pertandingan ini akan berubah.

United tak bisa mengandalkan kegagalan pemain lawan agar gawang mereka tetap selamat. Jika ingin aman, mereka harus bisa mencegah para pemain lawan menciptakan peluang, terutama peluang dengan nilai xG tinggi.

3 dari 4 halaman

Main Bola Atas

Jelang lawan Liverpool, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan para penggawa Manchester United untuk membongkar pertahanan The Reds. Salah satu kelemahan The Reds adalah bola-bola atas. Hal ini bisa jadi dimanfaatkan United pada laga kontra Liverpool.

Selain itu, United masih bisa memanfaatkan skema serangan balik cepat mereka. Namun, pada laga kontra Liverpool, hal ini tak akan bisa dengan mudah dieksekusi oleh penggawa Setan Merah. Pasalnya, The Reds juga memiliki pemain-pemain cepat, yang bisa menandingi kecepatan penggawa United.

4 dari 4 halaman

Lebih Tenang dalam Bertahan

Salah satu kelemahan United selama ini adalah seringnya mereka gagap dalam bertahan. Selain transisi dari menyerang ke bertahan, kegagapan ini kerap terjadi dalam duel satu lawan satu dengan barisan depan lawan.

Sebagai akibat kegagapan ini, para penggawa United pun kerap melakukan pelanggaran kala bertahan. Parahnya lagi, pelanggaran ini kerap dilakukan di zona berbahaya.

Melawan Liverpool yang memiliki pemain-pemain dengan kemampuan individu di atas rata-rata, para pemain United harus ekstra waspada. Mereka harus lebih cermat dan tenang dalam bertahan. Gagal mengantisipasi serangan lawan bisa jadi gawang United bakal kembali bobol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR