BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Tiga Hal yang Harus Dilakukan Manchester City untuk Kalahkan Fulham

04-12-2020 18:56 | Serafin Unus Pasi

Ilkay Gundogan (kiri) merayakan gol bersama rekan setimnya, Manchester City vs Porto, Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo Ilkay Gundogan (kiri) merayakan gol bersama rekan setimnya, Manchester City vs Porto, Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City berada di atas angin jelang laga kontra Fulham, pada pekan kesebelas Premier League 2020/2021, akhir pekan ini. Jelang laga yang dihelat di Stadion Etihad Manchester, Sabtu (05/12), The Citizens unggul di semua lini.

Selain saat ini posisi mereka di klasemen sementara lebih baik, Manchester City juga memiliki sejumlah keunggulan lain. Selain unggul secara statistik, skuad besutan Josep Guardiola ini, di atas kertas, memiliki amunisi lebih baik ketimbang The Cottagers, julukan Fulham.

Namun, hal ini bukan berarti City bisa bakal dengan mudah mengalahkan Fulham. Mereka harus belajar dari pengalaman saat menghadap Tottenham Hotspur beberapa waktu lalu.

Pada laga kontra Spurs, City berhasil menguasai permainan. Namun, mereka harus menelan kekalahan pada laga ini. Sebaliknya, pada laga sebelumnya, kontra Leicester, Fulham -yang inferior dalam penguasaan bola- bisa meraih kemenangan.

Jika ingin memenangi laga ini, ada paling tidak tiga hal yang harus dilakukan Manchester City. Apa saja tiga hal tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Tajam Manfaatkan Peluang

Pada laga kontra Spurs, City sukses menguasai jalannya permainan. Selain menguasai bola sampai 66,1%, pada laga ini, Riyad Mahrez dan kawan-kawan juga memiliki banyak peluang.

Pada pertandingan ini, City melepas 22 sepakan ke gawang Spurs. Namun, tak satu pun gol mampu mereka sarangkan. Hal ini berbeda dengan Spurs yang mampu mencetak dua gol hanya dari empat tembakan ke gawang yang mereka lakukan.

Pada pertandingan lawan Fulham, City harus mampu membenahi ketajaman mereka. Para penggawa City harus bisa lebih efektif dalam menuntaskan peluang yang mereka miliki.

Tak hanya melalui skema open play, City juga harus bisa memanfaatkan peluang melalui set piece. Pasalnya, menurut data statistik dari Whoscored, para penggawa Fulham cenderung membuat kesalahan kala dikurung. Mereka pun lemah dalam mengantisipasi skema bola-bola mati lawan.

2 dari 3 halaman

Waspadai Serangan Balik

Pada laga yang akan dihelat di kandang City, Fulham tentu tak akan bermain terbuka. Mereka tentu akan memilih bertahan sembari berusaha melancarkan serangan balik jika bisa.

Fulham sendiri memiliki kemampuan apik dalam melakukan serangan balik. Mereka punya pemain-pemain sayap dengan kecepatan dan skill individu di atas rerata.

Pada laga kontra Leicester, beberapa waktu lalu, Fulham menunjukkan bahwa mereka tak harus menguasai bola untuk memenangi laga. Dalam pertandingan tersebut, penguasaan bola skuad besutan Scott Parker ini hanya 32 persen. Namun, mereka sukses memenangi laga ini dengan skor 1-2.

3 dari 3 halaman

Waspadai Umpan Terobosan

Selain serangan balik cepat, ada hal lain yang harus diwaspadai City kala menghadapi Fulham. Hal tersebut adalah umpan terobosan yang menjadi andalan The Cottagers.

Di sisi lain, City -dalam statistik yang disarikan oleh Whoscored- terhitung lemah dalam antisipasi umpan terobosan.

Sebagai salah satu antisipasinya, City harus bisa lebih berimbang antara menyerang dan bertahan. Mereka tak boleh terlalu asyik menyerang, tapi kesulitan kala harus bertransisi ketika mendapat serangan balik.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR