BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Sejarah Pertemuan Manchester United dan Arsenal

31-10-2020 10:15 | Richard Andreas

Premier League, Manchester United vs Arsenal (c) Bola.net Premier League, Manchester United vs Arsenal (c) Bola.net

Bola.net - Manchester United akan menghadapi Arsenal pada laga pekan ke-7 Premier League 2020/2021. Pertandingan ini akan dihelat di Old Trafford, Minggu (01/11) besok.

Saat ini, United, berada di peringkat 15 klasemen sementara Liga Inggris. Dari lima pertandingan yang telah dilakoni, mereka meraih poin tujuh. Sedangkan, Arsenal berada di peringkat 11. The Gunners meraih sembilan poin dari tiga kali kemenangan dalam enam pertandingan yang sudah mereka jalani.

Bagi United dan Arsenal, pertandingan pada akhir pekan ini akan menambah panjang catatan pertemuan mereka. Sejauh ini, kedua tim sudah bertemu sebanyak 233 kali di semua ajang.

Manchester United unggul catatan rekor dari Arsenal. Setan Merah memenangi 97 dari 233 kali pertemuan mereka. Sementara, Arsenal baru memenangi 84 pertandingan lawan United.

Bagaimana sejarah yang tersaji dalam pertemuan dan rivalitas kedua tim tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Bertemu Pertama pada Abad 19

Pertemuan Manchester United dan Arsenal terjadi pertama kali pada abad 19, tepatnya pada 13 Oktober 1894. Waktu itu, United yang masih bernama Newton Heath bermain imbang 3-3 melawan Woolwich Arsenal. Pertemuan ini terjadi di Divisi Dua Liga Inggris waktu itu.

Di Piala FA, kedua tim bertemu pertama kali pada 10 Maret 1906. Kali ini, Arsenal sukses mengalahkan United dengan skor 3-2 pada Putaran Keempat Piala FA.

Sementara itu, di Piala Liga, kedua tim pertama kali bertemu pada 30 Agustus 1977. Waktu itu, Arsenal berhasil mengalahkan Setan Merah dengan skor 3-2.

Di level Eropa, kedua tim juga pernah bertemu. Pertemuan pertama United dan Arsenal terjadi pada Semifinal Liga Champions 2009. Dalam laga yang dihelat 6 April 2009, United menang dengan skor 1-0. Kemudian, pada leg kedua, United sukses meraih kemenangan 3-1 dan melaju ke final.

2 dari 3 halaman

Saling Meremukkan

Selama pertemuan mereka, kedua tim ini sama-sama pernah meraih kemenangan dengan skor fantastis. Arsenal pernah menggelontor gawang United lima gol tanpa balas pada putaran keempat Piala FA, yang dihelat pada 30 Januari 1937.

Sementara itu, pada 28 Agustus 2011, United sukses melesakkan delapan gol ke gawang Arsenal. Pada pertandingan Premier League ini, United meraih kemenangan dengan skor 8-2.

Skor 8-2 yang diraih Manchester United tersebut juga tercatat sebagai skor terbesar dalam pertandingan antara kedua klub ini.

3 dari 3 halaman

Giggs dan Rooney Merajai

Ryan Giggs menjadi sosok yang paling banyak terlibat dalam duel antara Manchester United dan Arsenal. Legenda United ini tampil dalam 50 pertandingan antara United dan Arsenal.

Sementara itu, Wayne Rooney menjadi sosok yang paling banyak mencetak gol pada pertandingan antara Setan Merah dan Meriam London ini. Sepanjang berseragam United, pemain yang saat ini memperkuat Derby County tersebut sudah 12 kali membobol gawang Arsenal.

(Dendy Gandakusumah/Bola.net)

KOMENTAR