BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ini Peran John Murtough dalam Kesuksesan Manchester United Merekrut Varane dan Sancho

27-07-2021 11:30 | Yaumil Azis

John Murtough (Kiri) dan Darren Fletcher (Kanan) resmi menjadi Direktur Olahraga dan Direktur Teknik Manchester United (c) MUFC
John Murtough (Kiri) dan Darren Fletcher (Kanan) resmi menjadi Direktur Olahraga dan Direktur Teknik Manchester United (c) MUFC

Bola.net - Manchester United sekarang berbeda dengan yang dulu. Dalam urusan transfer, manajemen di balik layar bergerak lebih gesit untuk mendapatkan tanda tangan pemain yang diinginkan.

Sejauh ini, Manchester United telah berhasil mendatangkan tiga pemain baru untuk menyambut musim 2021/22. Tom Heaton, yang direkrut secara gratis usai kontraknya bersama Aston Villa berakhir, menjadi pembuka serial perburuan pemain the Red Devils.

Beberapa waktu berselang, raksasa Inggris itu mengumumkan kesepakatan dengan Borussia Dortmund untuk merekrut Jadon Sancho. Biayanya cukup besar, namun Manchester United bisa menekan permintaan harga dari Dortmund yang lebih besar lagi.

Lalu, pada Selasa (27/7/2021) dinihari tadi, terkuak kabar kalau Manchester United telah mendapatkan izin dari Real Madrid untuk memboyong Raphael Varane. Mereka hanya mengeluarkan uang 34 juta pounds buat peraih medali juara Piala Dunia 2018 tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Meringankan Beban Ed Woodward

Dua transfer rampung dalam kurun waktu beberapa pekan saja. Bursa transfer musim panas saja belum genap sebulan berjalan. Ini sebuah perkembangan masif dari Manchester United yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu lambat dalam perekrutan.

Aktivitas transfer Manchester United ini jadi bukti sahih bahwa keputusan menyerahkan tugas direktur olahraga kepada John Murtough pada bulan Maret lalu sudah tepat. Ia memainkan peran yang cukup signifikan dalam pergerakan klub di balik layar.

ESPN menyatakan kalau Murtough mengambil banyak beban berat dari pundak wakil CEO Manchester United, Ed Woodward. Seperti yang diketahui, urusan transfer pemain selalu dilimpahkan kepada pria berusia 49 tahun tersebut sebelum Murtough hadir.

2 dari 2 halaman

Keputusan Final di Woodward dan Glazers

Murtough bahu-membahu dengan Woodward untuk menuntaskan keperluan klub di musim panas ini. Itulah sebabnya semua proses yang berkaitan dengan transfer pemain, seperti negosiasi harga dan kontrak, bisa rampung dengan cepat.

Namun perlu dicatat bahwa Murtough tidak punya wewenang untuk menentukan siapa yang perlu direkrut Manchester United. Keputusan tetap berada di tangan Woodward dan Keluarga Glazer yang memegang puncak kekuasaan di Old Trafford saat ini.

Manchester United diyakini takkan berhenti sampai di sini saja. Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, mengungkapkan kalau the Red Devils bisa mendatangkan dua pemain lagi untuk mengisi posisi bek kanan dan lini tengah sebelum bursa transfer ditutup.

"Saya bilang seorang gelandang atau seorang bek kanan adalah sesuatu yang bisa terjadi buat United pada musim panas ini jika mereka punya kesempatan," tuturnya kepada United Stand.

(ESPN)

KOMENTAR