BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Faktor X yang Tidak Dimiliki Manajer-Manajer Pendahulu Solskjaer

05-03-2019 19:40 | Serafin Unus Pasi

Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Manchester United, Rio Ferdinand membeberkan rahasia dibalik kesuksesan Ole Gunnar Solskjaer di tim utama MU. Ia menilai pelatih 46 tahun itu bisa sukses karena ia memahami betul tradisi dan sejarah klub.

Seperti yang sudah diketahui, sejak Sir Alex Ferguson pensiun di tahun 2013, kondisi Manchester United masih jauh dari kata stabil. Mereka ditangani beberapa manajer papan atas dunia seperti Louis van Gaal dan Jose Mourinho namun keduanya gagal mendongkrak performa United secara signifikan, terutama karena gaya bermain mereka yang tidak menarik.

Namun setelah Solskjaer menduduki kursi manajer MU di bulan Desember kemarin, situasi berubah. Manchester United memainkan permainan menyerang yang atraktif, sehingga para pendukung mereka kembali bergairah mendukung Setan Merah.

Ferdinand menilai rentetan hasil apik yang diraih MU bukanlah sebuah kebetulan, karena ia tahu Solskjaer tahu benar tradisi dan sejarah United. "Ketika saya bergabung dengan United, tim ini memiliki pemain yang merupakan lulusan akademi tim ini, dan juga ada pemain yang sudah berada lama di klub dan meraih banyak kesuksesan, dan Ole adalah salah satu di antara pemain tersebut," buka Ferdinand kepada BT Sports.

Baca komentar lengkap mantan bek MU itu di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Pengalaman Mumpuni

Sebagai salah satu pemain legendaris MU, Ferdinand menilai Solskjaer paham betul bagaimana mengendalikan ruang gantinya seperti yang ia alami ketika masih aktif bermain.

"Pada saat itu, saya tidak perlu diberitahu oleh Sir Alex Ferguson apa yang harus saya lakukan atau apa arti menjadi pemain Manchester United. Saya diperlihatkan hal-hal tersebut setiap hari yaitu apa yang dibutuhkan untuk menjadi pemain tim ini dan bagaimana untuk bisa bertahan di sana dan meraih banyak kesuksesan."

"Terkadang pemain dapat mengontrol ruang ganti dan terkadang Sir Alex membiarkan hal itu saat ia masih berada di sana. Para pemain itu tidak perlu berteriak sepanjang waktu, namun para pemain yang berpengalaman akan mengatur nada bicara mereka. Para pemain lain akan melihat hal itu dan mereka kan belajar, dan itu membuat bekerja ekstra keras sepanjang waktu."

2 dari 3 halaman

Dibutuhkan

Ferdinand menilai pengalaman-pengalaman seperti itulah yang hilang di skuat MU sejak Sir Alex pensiun. Untuk itu kehadiran Solskjaer akan membuat para pemain MU sadar bagaimana mereka seharusnya bersikap selayaknya pemain Setan Merah.

"Itulah yang dibutuhkan Manchester United saat ini, yaitu bagaimana arti menjadi pemain klub ini. Paul Pogba tahu apa artinya menjadi pemain Manchester United, karena ia bertumbuh di klub ini. Jesse dan Rashford juga mengetahui hal ini, dan Ashley Young sudah berada cukup lama di sana untuk memahami arti penting ini."

"Ada banyak pemain yang masih belum memahami secara penuh mengenai hal ini, sehingga para pemain lain harus memastikan bahwa para pemain ingi mengerti apa artinya menjadi pemain United dan mereka harus memimpin menggunakan contoh." tandasnya.

3 dari 3 halaman

Laga Berikutnya

Manchester United akan menghadapi PSG di pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada hari Kamis (7/3) dini hari nanti.

Deretan Pesepak Bola Wanita Terbaik Dunia

KOMENTAR