Ingatan Guardiola Soal Conte: Datang ke Inggris, Semua Tim Tiru Taktik Tiga Bek

Richard Andreas | 19 Februari 2022, 20:00
Ekspresi Antonio Conte di tengah pertandingan Tottenham, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Ekspresi Antonio Conte di tengah pertandingan Tottenham, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Josep Guardiola tahu betul bahwa Antonio Conte adalah salah satu pelatih terbaik di Inggris saat ini. Dia ingat bahwa Conte pernah mengubah wajah kompetisi beberapa tahun lalu.

Saat ini Conte sedang berjuang memperbaiki masalah Tottenham. Dia didatangkan di pertengahan musim untuk meningkatkan performa tim dan berusaha mencapai target.

Sayangnya, sejauh ini Conte tampak kesulitan membentuk tim sesuai keinginannya. Dia pun jujur mengakui bahwa Spurs masih jauh dari target, bahwa sekarang mereka masih bermasalah.

Meski begitu, Guardiola yakin kualitas Conte akan membantu Spurs mencapai level top, apa katanya?

1 dari 3 halaman

Butuh waktu

Menurut Pep, tidak perlu ada keraguan soal kualitas Conte. Saat ini Spurs memang sedang kesulitan di papan tengah, Conte juga tidak bisa mendapatkan pemain-pemain yang dia inginkan.

Meski begitu, Guardiola cukup mengenal Conte. Dia yakin kesulitan Conte masih wajar.

"Setiap pelatih membutuhkan waktu dan investasi untuk bersaing di level top di negara ini, tempat ini [Premier League] lebih sulit dari tempat lain di dunia ini," ujar Guardiola.

"Dia boleh bicara soal itu. Kita semua tahu betapa sulitnya negara ini. Saya menaruh respek tinggi kepadanya, sebab saya lihat timnya sudah belajar hal baru."

2 dari 3 halaman

Conte di Chelsea

Guardiola juga menyinggung era pertama Conte di Premier League beberapa tahun lalu, saat melatih Chelsea. Di masa itu, Conte mengejutkan Premier League dengan taktik tiga bek yang menuntun The Blues jadi juara.

"Saat itu dia datang dan dampaknya jelas, banyak tim yang mulai bermain dengan lima bek di belakang, sebelumnya selalu main empat bek. Dia datang dan tim-tim lain meniru taktiknya," sambung Guardiola.

"Dia membawa perubahan bagi banyak tim. Dia menjuarai liga dengan sangat meyakinkan, dengan gaya main 5-4-1 atau 5-3-2."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR