BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Head To Head Everton Vs Arsenal: The Gunners Dominan, Bisa Bangkit?

18-12-2020 17:50 | Serafin Unus Pasi

Premier League, Everton vs Arsenal (c) Bola.net
Premier League, Everton vs Arsenal (c) Bola.net

Bola.net - Partai menarik akan tersaji pada pekan ke-14 Premier League 2020/21 yang mempertemukan Everton kontra Arsenal di Goodison Park, Minggu (20/12) dini hari WIB. Tim tamu Arsenal sedang dalam penampilan buruk akhir-akhir ini, tapi bukan berarti tuan rumah bisa memenangkan duel dengan mudah.

Pasalnya, rekor pertemuan kedua tim di lima liga terakhir memihak The Gunners, julukan Arsenal. Tim asuhan Mikel Arteta itu berhasil memenangkan tiga laga, sekali imbang, dan hanya satu kali kalah.

Pada pertemuan pertama musim lalu di Goodison Park, kedua tim bermain imbang 0-0. Namun saat laga berlangsung di Emirates, Arsenal berhasil mempencundangi Everton, 3-2.

Kemenangan terakhir Everton atas Arsenal terjadi pada 7 April 2019. Saat itu, The Toffees, julukan Everton menang lewat gol tunggal Phil Jagielka yang kini sudah berseragam Sheffield United.

Oleh sebab itu, menarik dinanti hasil akhir dalam pertemuan kedua tim kali ini. Apakah Arsenal mampu melanjutkan dominasinya atas Everton atau tim biru asal Merseyside yang akan menaklukkan Meriam London demi menjaga posisi mereka di papan atas klasemen sementara Liga Inggris?

1 dari 5 halaman

1. Arsenal 3-2 Everton, Premier League 2019/20 pekan ke-27, 23 Februari 2020

Dalam partai ini, penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang tampil sebagai bintang lapangan berkat dua golnya. Ia mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-33 dan 46.

Arsenal tertinggal lebih dulu setelah penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin mencetak gol cepat saat laga belum genap berjalan semenit. Namun, The Gunners berhasil membalikkan keadaan setelah Edward Nketiah dan Aubameyang mencetak gol pada menit ke-27 dan 33.

Everton mampu menyamakan kedudukan sebelum turun minum lewat aksi Richarlison. Namun tuan rumah berhasil mengamankan tiga poin berkat gol Aubameyang pada menit ke-46.

2 dari 5 halaman

2. Everton 0-0 Arsenal, Premier League 2019/20 pekan ke-18, 21 Desember 2019

Tampil di Goodison Park, Everton berhasil menguasai jalannya pertandingan. Meski Arsenal lebih unggul dalam hal penguasaan bola yang mencapai 57 persen, namun tim tamu kesulitan membongkar barisan pertahanan Everton.

Secara keseluruhan, kedua tim gagal menciptakan banyak peluang dalam laga ini. Oleh sebab itu, skor 0-0 menjadi hasil akhir untuk kedua tim.

Total, Everton hanya mampu menciptakan sembilan tendangan tanpa ada satu pun yang mengarah ke gawang. Sementara Arsenal hanya menciptakan enam shots sepanjang laga.

3 dari 5 halaman

3. Everton 1-0 Arsenal, Premier League 2018/19 pekan ke-33, 7 April 2019

Laga ini jadi kemenangan terakhir Everton dalam tiga musim terakhir melawan Arsenal di Premier League. Gol tunggal kemenangan Everton ketika itu dilesakkan Phil Jagielka pada menit ke-10.

Menurut statistik, Everton begitu dominan pada laga ini dengan membuat 23 tembakan dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Arsenal hanya mampu menciptakan tujuh tembakan dengan dua yang on target.

Namun dalam hal penguasaan bola, The Gunners lebih unggul. Tim London Merah mampu mencatatkan 57 persen penguasaan bola berbanding 43 persen milik tuan rumah.

4 dari 5 halaman

4. Arsenal 2-0 Everton, Premier League 2018/19 pekan ke-6, 23 September 2018

Everton kembali dipaksa mengakui keunggulan Arsenal di Premier League. Berlangsung di Stadion Emirates, Everton harus menerima kekalahan dengan skor 0-2 dari tim tuan rumah.

Arsenal menang berkat sepasang gol yang dilesakkan duet bomber andalannya, Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-56 dan 59. Secara keseluruhan, The Gunner memang tampil dominan dengan mencatatkan 62 persen penguasaan bola berbanding 38 persen milik Everton.

Meski kalah, Everton juga bukan tanpa perlawanan. Ketika itu, Theo Walcott dan kawan-kawan mampu melesakkan sembilan tembakan dengan enam di antaranya mengarah ke gawang.

5 dari 5 halaman

5. Arsenal 5-1 Everton, Premier League 2017/18 pekan ke-26, 4 Februari 2018

Laga ini menjadi panggung pertunjukkan bagi pemain asal Wales yang kini berseragam Juventus, Aaron Ramsey. Pemain yang sempat digadang-gadang sebagai ikon Arsenal itu mencetak hattrick pada menit ke-6, 19, dan 74 untuk membantu timnya menang telak, 5-1.

Sejak dimulai pertandingan, Arsenal langsung tancap gas. Di babak pertama, mereka berhasil mencetak empat gol melalui Ramsey (6',19'), Laurent Koscielny (14') dan Pierre-Emerick Aubameyang (37').

Everton sempat membuka asa setelah Dominic Calvert-Lewin mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-64. Namun, gol Ramsey 10 menit berselang mengakhiri perlawanan Everton kala itu.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR