Hasil Pramusim: Liverpool Tumbang 0-1 di tangan RB Salzburg, Dijebol The Next Haaland

Abdi Rafi Akmal | 28 Juli 2022, 03:08
Fabio Carvalho berduel dengan Fernando pada pertandingan pramusim 2022 RB Salzburg 1-0 Liverpool. (c) Liverpool Official
Fabio Carvalho berduel dengan Fernando pada pertandingan pramusim 2022 RB Salzburg 1-0 Liverpool. (c) Liverpool Official

Bola.net - Liverpool harus pulang dari Red Bull Arena, Salzburg dengan kepala tertunduk. Pada laga pramusim tersebut, Kamis (28/7) dini hari WIB, Liverpool menyerah dari tuan rumah RB Salzburg dengan skor tipis 0-1.

Gol semata wayang dicetak oleh Benjamin Sesko pada menit ke-31. Wonderkid berumur 19 tahun itu sukses menyarangkan bola dengan tenang saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Liverpool, Adrian.

Dengan hasil buruk tersebut, Liverpool sudah menelan kekalahan dua kali dalam laga pramusim. Kekalahan pertama diraih saat dihajar 0-4 oleh Manchester United.

Liverpool sejauh ini baru menang dua dari empat pertandingan pramusim. Dua kemenangan tersebut diraih saat berhadapan dengan Crystal Palace (2-0) dan RB Leipzig (5-0).

1 dari 5 halaman

Serangan Balik

Pemain RB Salzburg, Benjamin Sesko, pada laga pramusim 2022 antara Salzburg menghadapi Liverpool.  (c) RB Salzburg Official

Pemain RB Salzburg, Benjamin Sesko, pada laga pramusim 2022 antara Salzburg menghadapi Liverpool. (c) RB Salzburg Official

Liverpool sejak awal coba tampil dominan dengan memegang sampai 70 persen penguasaan bola. Hanya saja, dominasi sebesar itu dihajar oleh Salzburg lewat serangan balik.

Salzburg memanfaatkan garis belakang Liverpool yang sangat tinggi, yang dikawal oleh Joe Gomez dan Ibrahima Konate. Trisula Benjamin Sesko, Fernando, dan Noah Okafor.

Gol Salzburg pada menit ke-30 lahir dari skema tersebut. Pertahanan Liverpool masih disorganisasi saat harus menghadapi permainan kombinasi super cepat antara Sesko dan Okafor.

Umpan terakhir dari Okafor membuat Sesko berada dalam situasi satu lawan satu dengan Adrian. Pemain berusia 19 tahun ini berhasil mencetak gol ke ke sudut kiri bawah gawang Liverpool.

Sesko adalah salah satu pemain yang diminati banyak tim besar Eropa, salah satunya Manchester United. Ia dijuluki sebagai 'The Next Haaland'.

2 dari 5 halaman

Nunez Terisolasi

Penyerang Liverpool, Darwin Nunez beraksi pada laga pramusim 2022 melawan RB Salzburg.  (c) RB Salzburg Official

Penyerang Liverpool, Darwin Nunez beraksi pada laga pramusim 2022 melawan RB Salzburg. (c) RB Salzburg Official

Usai mencetak empat gol pada saat menghancurkan RB Leipzig pada pertandingan sebelumnya, Darwin Nunez kembali tampil sejak awal laga. Namun, sepanjang 45 menit kesempatannya bermain, ia lebih sering terisolasi.

Hal ini bisa dianggap wajar karena Nunez turun tidak dengan kekuatan terbaik Liverpool. Ia diapit oleh dua pemain sayap muda, Harvey Elliott dan Fabio Carvalho.

Untuk bek sayap yang bermain sejak awal laga bersma Nunez bukan Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold. Pemain yang dipasang adalah James Milner dan Isaac Mabaya.

Kombinasi dan koordinasi serangan dari sayap kerap kandas sebelum mencapai Nunez. Alhasil, Nunez hanya punya beberapa peluang yang kurang bagus untuk dikonversi jadi gol.

3 dari 5 halaman

Beda Kebijakan

Bek kanan Liverpool, Isaac Mabaya beraksi pada laga pramusim 2022 antara RB Salzburg vs Liverpool.  (c) Liverpool Official

Bek kanan Liverpool, Isaac Mabaya beraksi pada laga pramusim 2022 antara RB Salzburg vs Liverpool. (c) Liverpool Official

Dalam laga ini, Liverpool dan RB Salzburg beda kebijakan soal pergantian pemain. Walaupun, kedua tim mengganti seluruh pemain di sebelas pertamanya.

Setelah turun minum, Liverpool baru memasukkan tiga pemainnya, Roberto Firmino menggantikan Nunez; Robertson menggantikan Milner; Tyler Morton menggantikan Naby Keita. Sedangkan Salzburg langsung mengganti seluruh pemainnya.

Liverpool baru menggantik sisa pemain di sebelas pertama pada menit ke-60. Pemain-pemain utama, seperti Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold, Luis Diaz, sampai Thiago Alcantara dimainkan.

4 dari 5 halaman

Lebih Dominan, Tetapi Sama Saja

Sejak menit ke-60, Liverpool yang sudah dominan sejak awal laga semakin dominan. Salzburg yang melepas sampai sembilan tembakan pada babak pertama, hanya bisa menambah tiga tembakan lagi saja pada babak kedua.

Sebaliknya, total tembakan Liverpool naik sampai tiga kali lipat dari babak pertama. Salah, Diaz, dan Firmino berkali-kali mendapatkan peluang, tetapi tidak ada yang terjadi gol.

Liverpool sempat menggetarkan jala lawan pada menit ke-83 lewat sontekan Diaz. Namun, wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena Diaz terjebak offside

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

RB Salzburg (4-3-1-2): Mantl; Van der Brempt, Solet, Bernardo, Ulmer; Sucic, Solet, Kjaergaard; Fernando; Okafor, Sesko.
Pelatih: Matthias Jaissle.

Liverpool FC (4-3-3): Adrian; Mabaya, Gomez, Konate, Milner; Bajcetic, Keita, Jones; Elliott, Nunez, Carvalho.
Pelatih: Jurgen Klopp

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR