Hasil Pertandingan West Ham vs Manchester City: 0-2

Abdi Rafi Akmal | 8 Agustus 2022, 00:16
Para pemain Manchester City merayakan gol Erling Haaland ke gawang West Ham pada pekan ke-1 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (7/8) malam WIB. (c) AP Photo
Para pemain Manchester City merayakan gol Erling Haaland ke gawang West Ham pada pekan ke-1 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (7/8) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City sukses mengalahkan West Ham dengan skor 2-0 pada pekan ke-1 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (7/8) malam WIB. Hasil tersebut memberikan sinyal positif bagi Man City dalam upanya mempertahankan gelar juara.

Erling Haaland, pemain fenomenal yang melakukan debut bersama Man City, sukses memborong seluruh gol. Gol pertama lewat penalti di menit ke-36, lalu gol kedua tercipta pada menit ke-65 melalui pergerakan khas Haaland.

West Ham baru bermain terbuka pada babak kedua, setelah di babak pertama cenderung reaktif dan mengandalkan serangan balik. Pendekatan tersebut berpengaruh pada jalannya pertandingan.

The Hammers baru bisa lebih banyak mengancam gawang Manchester City di babak kedua. Akan tetapi, pendekatan di babak kedua jadi bumerang karena Manchester City justru lebih leluasa menyerang pula dan menambah satu gol lagi.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Manchester City memulai laga dengan kesulitan. Pada menit ke-4, gawang yang dikawal Ederson nyaris bergetar lewat sundulan Michail Antonio andaikan sundulannya tidak melambung.

Baru setelah itu Man City mulai menguasai permainan dan mengurung West Ham dekat dengan kotak penalti mereka. Kevin de Bruyne bahkan sempat mencetak gol di menit ke-27, tetapi wasit menganulirnya karena Ilkay Gundogan yang memberikan umpan dinyatakan sudah offside.

West Ham mengganti kiper, Lukasz Fabianski dengan Alphonse Areola pada menit ke-29. Tiga menit sebelumnya, Fabianski mendapat perawatan karena berbenturan dengan Haaland.

Areola yang baru masuk itu menyebabkan penalti untuk Man City. Ia berupaya mengamankan bola, tetapi justru melanggar Haaland di kotak terlarang. Haaland sukses mencetak gol debutnya di Liga Inggris pada menit ke-36 lewat titik putih.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

West Ham bermain lebih terbuka dengan membuat garis pertahanannya lebih tinggi untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya cukup positif. Declan Rice nyaris mencetak gol, jika tendangannya tidak melambung teralalu tinggi.

West Ham kembali mengancam pada menit ke-62 lewat upaya Said Benrahma. Namun sayang, usai bebas menerima bola dari umpan silang Stefane Coufal, tendangan datarnya masih terlalu lemah dan mudah diamankan Ederson.

Perubahan permainan West Ham berakibat pada garis pertahanan jadi tinggi. Ini jadi awal gol kedua Man City pada menit ke-65. Kevin de Bruyne yang tidak mendapat penjagaan, leluasa mengirimkan umpan daerah. Umpan tersebut berhasil dikejar Haaland dan mencetak gol keduanya.

Selepas gol itu, West Ham punya lebih banyak peluang, namun Ederson menunaikan tugasnya dengan baik. Man City tidak lagi terlalu dominan seperti babak pertama, meskipun sejumlah peluang sempat diciptakan. Sampai pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Satu lagi pemain Manchester City yang melakukan debut yaitu Kalvin Philips. Eks pemain Leeds United itu baru masuk pada menit ke-88.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

West Ham (4-2-3-1): Fabianski; Coufal, Johnson, Zouma, Creswell; Soucek, Rice; Bowen, Lanzini, Fornals; Antonio.
Pelatih: David Moyes

Man City (4-3-3): Ederson; Walker, Dias, Ake, Cancelo; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Foden, Haaland, Grealish.
Pelatih: Josep Guardiola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR