BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Pertandingan Manchester United vs Newcastle: Skor 4-1

11-09-2021 22:56 | Gia Yuda Pradana

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol untuk Manchester United (c) AP Photo
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol untuk Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United (MU) menjamu Newcastle di Old Trafford pada pekan ke-4 Liga Inggris atau Premier League 2021/22, Sabtu (11/9/2021). Cristiano Ronaldo menandai debut keduanya bersama MU dengan dua gol dan kemenangan 4-1.

Ronaldo membuka keunggulan MU di menit 45+1. Sebelum ini, terakhir kali Ronaldo mencetak gol untuk MU di Premier League adalah kontra Manchester City pada Mei 2009. Newcastle sempat membalas lewat gol bek kanan Javier Manquillo di menit 56, tapi Ronaldo mencetak gol keduanya di laga ini pada menit 62. Bruno Fernandes membawa MU memimpin 3-1 dengan gol yang dicetaknya di menit 80, dan pemain pengganti Jesse Lingard menegaskan kemenangan Red Devils di menit 90+2.

MU belum terkalahkan di Premier League musim ini. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer telah menghajar Leeds United 5-1, imbang 1-1 dengan Southampton, menang 1-0 atas Wolverhampton, dan memukul Newcastle. Sementara itu, The Magpies masih tertahan di papan bawah dengan satu poin dari empat laga (M0 S1 K3).

Berikutnya, tengah pekan nanti, MU akan main tandang melawan Young Boys pada matchday pertama fase grup Liga Champions.

1 dari 2 halaman

CR7 Dua Gol, Pogba Dua Assist

Para pemain Manchester United merayakan gol Cristiano Ronaldo (nomor 7) (c) AP Photo
Para pemain Manchester United merayakan gol Cristiano Ronaldo (nomor 7) (c) AP Photo

Periode pertama Ronaldo di MU adalah 2003-2009. Musim panas ini, dia memutuskan untuk meninggalkan Juventus dan bergabung kembali dengan MU.

Di debut keduanya ini, Ronaldo langsung dipasang sebagai starter. Bintang 36 tahun Portugal dengan nomor punggung 7 ini ditempatkan sebagai ujung tombak, di-support oleh Mason Greenwood, Bruno Fernandes, dan Jadon Sancho dalam skema 4-2-3-1.

MU mendominasi babak pertama dengan penguasaan bola mencapai 69%. MU juga mencatatkan 15 tembakan (Newcastle 6) di paruh pertama.

Sancho melepas dua tembakan, sedangkan Bruno Fernandes empat, dan Ronaldo lima. Ronaldo hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran di babak pertama, tapi shot on target itu terkonversi menjadi gol usai memanfaatkan bola liar hasil tembakan Greenwood yang ditepis kiper Freddy Woodman di pengujung babak pertama.

Keunggulan MU musnah 11 menit setelah kick-off babak kedua. Lewat sebuah serangan cepat, Almiron mengirim bola dari kiri kepada Allan Saint-Maximin di ujung kotak penalti. Saint-Maximin kemudian menggulirkan bola ke sampingnya. Eks Liverpool, Manquillo berlari dari belakang dan menuntaskannya dengan tembakan rendah menyilang. Itu adalah gol perdana pemain Spanyol tersebut untuk Newcastle, yang dia perkuat sejak 2017.

Namun, hanya enam menit berselang, MU kembali memimpin, dan Ronaldo kembali mencetak gol. Jika gol pertama cuma tap-in, kali ini Ronaldo menunjukkan kecepatan lari dan finishing-nya untuk menuntaskan operan terobosan Luke Shaw.

Sepuluh menit jelang habis waktu normal, MU mencetak gol ketiga. Gol tersebut diciptakan oleh kompatriot Ronaldo, Bruno Fernandes. Paul Pogba mengukir assist-nya yang ke-6 di Premier League musim ini.

Lingard, yang sebelumnya masuk menggantikan Jadon Sancho di menit 66, mencetak gol keempat MU saat injury time. Itu adalah gol penutup di laga ini. Pogba lagi-lagi menyumbang assist.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain dan Statistik

Mason Greenwood (kiri) di laga Manchester United vs Newcastle (c) AP Photo
Mason Greenwood (kiri) di laga Manchester United vs Newcastle (c) AP Photo

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane, Harry Maguire, Luke Shaw; Paul Pogba (kuning 60), Nemanja Matic; Mason Greenwood (Donny van de Beek 85), Bruno Fernandes (Anthony Martial 85), Jadon Sancho (Jesse Lingard 66); Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Newcastle (5-3-2): Freddy Woodman; Javier Manquillo (Jacob Murphy 77), Isaac Hayden, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark (Jamal Lewis 84), Matt Ritchie; Joe Willock (Jeff Hendrick 86), Sean Longstaff, Miguel Almiron; Joelinton, Allan Saint-Maximin.

Pelatih: Steve Bruce.

Statistik Manchester United - Newcastle

  • Ball possession: 64,8% - 35,2%
  • Shots: 21 - 12
  • Shots on target: 7 - 3
  • Kartu kuning: 1 - 0
  • Kartu merah: 0 - 0.

KOMENTAR