BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Brighton vs Manchester City: Skor 1-4

12-05-2019 23:03 | Yaumil Azis

Pemain Manchester City rayakan gol ketiganya ke gawang Brighton dalam laga lanjutan Premier League, Minggu (12/5). (c) AP Photo Pemain Manchester City rayakan gol ketiganya ke gawang Brighton dalam laga lanjutan Premier League, Minggu (12/5). (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City kembali merengkuh gelar Premier League, meski untuk yang musim ini mereka harus berjuang hingga pekan terakhir. Skuat asuhan Josep Guardiola tersebut dipastikan sebagai juara setelah mengalahkan Brighton dengan skor 4-1.

Penggemar The Citizens sempat dibuat berkeringat dingin setelah penyerang Brighton, Glenn Murray, mencetak gol di menit ke-27. Untungnya Manchester City masih memiliki Sergio Aguero, yang langsung memberikan balasan instan satu menit setelahnya.

Sejak itu, Manchester City mengambil alih permainan. Aymeric Laporte menyusul Sergio Aguero masuk ke papan skor dengan golnya pada menit ke-38. Keunggulan lalu bertambah setelah Riyad Mahrez dan Ilkay Gundogan membobol gawang Brighton pada babak kedua.

Scroll ke bawah untuk menyimak jalannya permainan.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Sebelum Murray mencetak gol, Brighton sempat membuat fans City bergidik. Pada menit ke-10, Alireza Jahanbakhsh melakukan tusukan ke kotak penalti The Citizens dan melepaskan tembakan dengan kaki kanannya. Sayang, bidikannya masih melebar dari gawang City.

Mimpi buruk Manchester City datang di menit ke-27 melalui aksi Glenn Murray. Penyerang gaek tersebut berhasil memanfaatkan sepak pojok Pascal Gross dengan menyerang tiang dekat Manchester City. Dengan sundulan, ia berhasil membobol gawang Ederson. 1-0.

Namun situasi berbalik dengan cepat, Sergio Aguero menyamakan kedudukan satu menit setelahnya. Setelah mendapat umpan dari David Silva, striker asal Argentina itu melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal diselamatkan oleh Mat Ryan. 1-1.

Manchester City lalu unggul pada menit ke-38. Riyad Mahrez menjadi dalang dengan sebuah umpan silang yang mengarah tepat ke kepala Aymeric Laporte. Bek asal Prancis tersebut lepas dari pengawalan dan bebas untuk menggetarkan jala gawang Brighton. 2-1.

Setelah gol Laporte, tak ada lagi peluang berbahaya yang bisa dihasilkan oleh pemain dari kedua tim. Wasit lalu meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, dan Manchester City sementara ini masih unggul 2-1.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tertinggal satu gol tidak membuat Brighton patah arang. Di menit ke-53, melalui tendangan bebas, Anthony Knockaert mengirimkan bola ke kotak penalti City dan mendarat tepat di kepala Lewis Dunk. Namun bidikannya masih melebar.

Semangat itu langsung runtuh begitu Riyad Mahrez sukses mencetak gol pada menit ke-63. Berawal dari permainan satu dua, bola berhenti di kaki Mahrez. Eks bintang Leicester City tersebut sempat menipu satu pemain Brighton sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke pojok gawang dan tak mampu dihalau oleh Mat Ryan. 3-1.

Manchester City terus mengejar tambahan gol. Dan akhirnya sukses dilakukan pada menit ke-72 melalui Ilkay Gundogan. Pemain asal Jerman itu dipercaya sebagai eksekutor tendangan bebas, dan berhasil memenuhi tugasnya dengan tembakan indah. 4-1.

Setelah gol Gundogan, Manchester City masih menunjukkan keperkasaannya dengan penguasaan bola mencapai 76 persen. Namun tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga mereka dinyatakan sebagai pemenang pada pertandingan kali ini.

Dengan tambahan tiga poin, maka posisi Manchester City di puncak klasemen pun tidak mengalami perubahan berarti. Kompetisi telah berakhir dan The Citizens pun kembali dinyatakan sebagai juara kompetisi tertinggi di tanah Inggris tersebut.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Brighton (4-4-1-1): Mat Ryan; Bruno (Martin Montoya 84'), Shane Duffy, Lewis Dunk, Bernardo; Anthony Knockaert, Beram Kayal, Yves Bissouma, Alireza Jahanbakhsh (Jurgen Locadia 67'); Pascal Gross, Glenn Murray (Florin Andone 68').

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker (Danilo 88'), Vincent Kompany (Nicolas Otamendi 86'), Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, David Silva (Kevin De Bruyne 78'); Riyad Mahrez, Sergio Aguero, Raheem Sterling.

Jadwal Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup 2019

KOMENTAR