BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Meeting 14 Klub Premier League: Kompak Tolak European Super League!

20-04-2021 22:55 | Dimas Ardi Prasetya

The Big Six Premier League. (c) AP Photo The Big Six Premier League. (c) AP Photo

Bola.net - Premier League baru saja menggelar rapat dengan 14 klub Premier League pada hari Selasa (20/04/2021) dan dari meeting itu semuanya secara tegas menolak digelarnya kompetisi European Super League (ESL).

Kompetisi Premier League ikut kebakaran jenggot juga atas digagasnya proyek European Super League. Sebab enam tim besar mereka ikut menggagas proyek tersebut.

Mereka adalah Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham dan Manchester City. Keputusan yang diambil oleh enam klub itu otomatis membuat berang tak cuma UEFA tapi juga para suporter mereka.

Selain itu, klub-klub Premier League lainnya juga tentu ikut kesal. Sebab mereka tentu merasa kompetisi itu tak adil karena hanya akan menguntungkan enam klub tersebut.

1 dari 2 halaman

Respon Premier League dan 14 Klub EPL

Banyak pihak sudah menyuarakan penolakannya atas digelarnya kompetisi European Super League tersebut. Mulai dari UEFA hingga para suporter.

Premier League kini juga merespon digelarnya ESL itu. Semua elemen sepak bola Inggris dan 14 klub yang tergabung di Premier League menegaskan mereka menolak digelarnya ESL.

"Premier League, bersama FA, bertemu dengan klub hari ini untuk membahas implikasi langsung dari proposal Liga Super. Ke-14 klub pada pertemuan tersebut dengan suara bulat dan keras menolak rencana kompetisi tersebut."

"Premier League sedang mempertimbangkan semua tindakan yang tersedia untuk mencegahnya berkembang, serta meminta pertanggungjawaban Pemegang Saham yang terlibat di bawah aturannya."

"Liga akan terus bekerja dengan para pemangku kepentingan utama termasuk kelompok penggemar, Pemerintah, UEFA, FA, EFL, PFA dan LMA untuk melindungi kepentingan terbaik dari permainan dan meminta klub-klub yang terlibat dalam kompetisi yang diusulkan untuk segera menghentikan keterlibatan mereka."

"Premier League ingin mengucapkan terima kasih kepada penggemar dan semua pemangku kepentingan atas dukungan yang telah mereka tunjukkan minggu ini tentang masalah penting ini. Reaksi tersebut membuktikan betapa piramida terbuka dan komunitas sepak bola kami berarti bagi orang-orang." Demikian pernyataan Premier League di situs resminya.

2 dari 2 halaman

MU Dkk Dilarang Main di EPL

Sebelumnya, reaksi keras dilontarkan oleh legenda sepak bola Inggris, Alan Shearer. Ia mengatakan Manchester United dan lima klub Inggris lainnya yang ikut serta di European Super League itu harusnya dilarang main di kompetisi Premier League saja mulai musim depan.

"Premier League harus merespon situasi ini dengan melemparkan 'granat' mereka sendiri, dan berkata 'Ok, kalian semua dilarang bermain di Premier League sejak musim depan'," cetusnya.

"Para klub ini berpikir bahwa mereka bisa bermain pertandingan Super League di tengah pekan dan bermain di liga domestik di akhir pekan. Tidak, itu tidak boleh terjadi," seru Shearer.

Para pemain yang berlaga di European Super League sendiri sudah mendapatkan peringatan keras dari pihak UEFA. Jika mereka ngotot bermain di ESL maka mereka bakal dilarang main di Piala Dunia dan Euro.

(Premier League)

KOMENTAR