BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Analisa Eks Wasit EPL, Maguire Harusnya Dikartu Merah Karena Tendang Batshuayi

18-02-2020 18:33 | Dimas Ardi Prasetya

Kapten Manchester United, Harry Maguire (c) MUFC Kapten Manchester United, Harry Maguire (c) MUFC

Bola.net - Mantan wasit Premier League Dermot Gallagher menilai Harry Maguire harusnya dikartu merah atas aksinya menendang kemaluan Michy Batshuayi.

Manchester United bertandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge pada matchday 26 Premier League, Selasa (18/02/2020) dini hari WIB. United ternyata mampu meraih kemenangan dengan skor 0-2 di pertandingan tersebut.

Gol pertama United dicetak oleh Anthony Martial pada menit ke-45. Gol kedua disumbangkan oleh Maguire pada menit ke-66.

Laga itu sendiri menghasilkan beberapa kontroversi. Contohnya saat Video Assistant Referee (VAR) menganulir dua gol Chelsea.

Kemudian ada momen ketika Maguire terlihat menendang area alat vital Batshuayi. Insiden ini terjadi pada menit ke-21.

1 dari 3 halaman

Keputusan Salah

Saat itu Harry Maguire dan Michy Batshuayi sama-sama berlari untuk mengejar bola. Namun Maguire kemudian terjatuh.

Setelah terjatuh, kaki kanannya terangkat naik dan akhirnya mengenai area alat vital Batshuayi. Wasit Anthony Taylor terlihat ragu untuk membuat keputusan.

Setelah itu menurut tayangan ulang dari VAR, akhirnya diputuskan bahwa Maguire tidak bersalah. Ia pun tak mendapatkan kartu apa pun.

Dermot Gallagher kemudian mengatakan bahwa Anthony telah membuat keputusan yang salah. Menurutnya Harry Maguire sebenarnya layak diganjar Kartu Merah.

2 dari 3 halaman

Terkejut

"[Saya terkejut] ia lolos dari [mendapatkan] kartu berwarna. Apa yang akan saya katakan adalah saya sangat terkejut ia tidak menghadapi hukuman apa pun. Anthony [Taylor] tidak berpikir itu kartu merah karena ia melihatnya dari sudut lain," tuturnya pada Sky Sports. "Itu berlaku untuk VAR, dan VAR [sang operator, Chris Kavanagh] harus memutuskan apakah itu kartu merah dan ia pikir tidak. Masalahnya adalah ia tidak bisa merekomendasikan kartu kuning, jadi itu kembali ke tendangan bebas saja. Di situlah Anthony sedikit berada dalam posisi sulit," terangnya.

"Reaksi instan saya adalah bahwa itu adalah kartu merah. Masalahnya adalah, ketika Anda memperhatikan hal-hal berulang kali, Anda melihat sedikit detail. Michy Batshuayi tergelincir, Harry Maguire terjatuh dan kemudian kakinya naik," serunya.

"Ia [Maguire] mengatakan itu untuk melindunginya dari Batshuayi yang akan terjatuh ke arahnya. Mereka sangat dekat, dan VAR memutuskan bahwa tendangan keluar itu lebih ganas daripada kekerasan. Ia mengatakan itu tidak memiliki dampak sehingga ia tidak bisa menghadiahkan merah kartu. Pada titik itu, kartu kuning dikesampingkan. Apa yang akan saya katakan adalah, ketika Anda melihat tekel itu, harus ada lebih banyak hukuman daripada tendangan bebas saja," tegas Gallagher.

3 dari 3 halaman

Pembelaan Harry Maguire

Harry Maguire sebelumnya sudah sempat melontarkan pembelaan diri atas insiden tendangan ke arah alat vital tersebut. Ia mengaku saat itu ia hanya bereaksi secara spontan untuk melindungi dirinya.

"Saya tahu telah mengenainya," buka Maguire kepada Sky Sports.

"Tetapi, saya berpikir ia jatuh menimpa saya, tetapi reaksi spontan saya adalah meluruskan kaki saya, jadi, ia jatuh ke arah saya dan saya [berusaha] menahannya," kelitnya.

Bagi Manchester United, kemenangan itu membuat mereka sekarang mengoleksi 38 poin dan naik ke peringkat tujuh klasemen sementara Premier League. Sementara itu Chelsea tertahan di peringkat empat dengan koleksi 41 poin.

(sky sports)

KOMENTAR