BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hari Ini Tujuh Tahun yang Lalu, Sang Penyihir Jadi Bagian dari Arsenal

02-09-2020 22:00 | Serafin Unus Pasi

Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, usai mencetak gol ke gawang Newcastle United, Minggu (16/2/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, usai mencetak gol ke gawang Newcastle United, Minggu (16/2/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Hari ini, 2 September merupakan hari yang bersejarah bagi Arsenal. Pada hari ini tujuh tahun yang lalu mereka kedatangan playmaker top dari Real Madrid, Mesut Ozil.

Sebelum bergabung dnegan Arsenal, Ozil dikenal sebagai salah satu playaker terbaik dunia. Ia menunjukkan penampilan yang mengesankan di Real Madrid.

Namun pergantian pelatih di kubu El Real membuat Ozil meragukan masa depannya. Itulah mengapa ia mulai digosipkan membuka pembicaraan dengan beberapa klub.

Tepat pada tanggal 2 September, tabir masa depan Ozil terkuak. Sang playmaker resmi diumumkan sebagai bagian dari klub Inggris, Arsenal.

Simak kisah Ozil di Arsenal di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Transfer Tidak Terduga

Pada saat itu, banyak yang kaget Arsenal berhasil mendatangkan jasa Ozil. Pasalnya pada saat itu ada banyak klub besar yang meminati jasanya.

Arsenal juga diketahui mengeluarkan bayaran besar untuk transfer Ozil. Mereka diketahui membayar sekitar 50 juta Euro dengan sejumlah adds on.

Ozil juga diketahui menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Arsenal pada saat itu, meski rekor ini kemudian pecah oleh transfer Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang dan Nicolas Pepe.

2 dari 3 halaman

Sang Penyihir

Kehadiran Ozil di Arsenal memberikan dampak yang besar bagi tim London Utara itu.

Di musim perdananya ia berhasil membawa Arsenal memenangkan FA Cup. Ia total memenangkan tiga trofi FA Cup selama bersama Arsenal.

Ia juga menjadi salah satu pemain yang paling berpengaruh di Arsenal, di mana kombinasinya bersama Alexis Sanchez menjadi salah satu yang terbaik di EPL saat itu.

3 dari 3 halaman

Gaji Besar dan Karir Menurun

Pada awal tahun 2018 silam, Arsenal berada dalam situasi yang pelik. Alexis Sanchez, pemain andalan mereka memutuskan untuk pergi dari London Utara.

Arsenal juga pada saat itu berpotensi kehilangan Ozil, karena kontraknya tersisa enam bulan. Namun berbeda dari Sanchez, Arsenal berhasil meyakinkan Ozil bertahan. Selidik punya selidik, Arsenal menawarkan gaji sebesar 300 ribu pounds per pekan, yang merupakan gaji tertinggi sepanjang sejarah klub agar Ozil bertahan.

Namun setelah bertahan, performa Ozil jauh dari kata memuaskan. Ia sempat beberapa kali dikritik oleh Unai Emery karena tidak memiliki etos kerja yang bagus. Mikel Arteta juga diberitakan kecewa dengan Ozil sehingga jam bermainnya menjadi minim.

KOMENTAR