Harap Catat! Ini Tuntutan Suporter Manchester United untuk Calon Pengganti Keluarga Glazer

Dimas Ardi Prasetya | 5 Desember 2022, 01:46
Harap Catat! Ini Tuntutan Suporter Manchester United untuk Calon Pengganti Keluarga Glazer
Manchester United di Liga Europa 2022/2023 (c) AP Photo

Bola.net - Sekelompok suporter Manchester United dilaporkan telah membuat daftar sejumlah tuntutan yang nantinya harus dipenuhi oleh pemilik baru Setan Merah.

Sekarang ini Man United masih dikuasai keluarga Glazer. Namun mereka telah menyatakan siap menjual Setan Merah.

Kabar penjualan ini muncul tak lama setelah pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, menyatakan siap menerima investor baru di Anfield. United kabarnya akan dijual dengan harga sekitar tujuh miliar dollar.

Kabar ini tentu jadi angin sejuk bagi fans Man United. Sebab mereka memang sudah lama menginginkan agar keluarga Glazer menyingkir dari Old Trafford.

1 dari 4 halaman

Tuntutan pada Pengganti Keluarga Glazer

Sekarang ini masih belum jelas siapa yang akan membeli Manchester United dari keluarga Glazer. Namun siapa pun itu, mereka harus siap langsung mendapat tekanan dari suporter Setan Merah.

Pasalnya ada sekelompok suporter yang telah membuat daftar sejumlah tuntutan bagi sang calon pemilik baru. Menurut laporan BBC Sport, setidaknya ada lima poin yang mereka ajukan dalam sebuah surat terbuka.

Isi surat tersebut menyatakan bahwa mereka ingin melihat sang pemilik baru berinvestasi ke dalam tim putra, putri dan tim muda Manchester United. mereka juga diminta membenahi infrastruktur klub.

Kemudian mereka ingin pemilik baru berkomitmen untuk tidak pernah lagi mengikuti kompetisi serupa dengan Liga Super Eropa tanpa persetujuan dari penggemar.

Permintaan mereka juga termasuk keinginan pemilik baru untuk melunasi hutang klub. Satu lagi, pengganti keluarga Glazer nantinya juga diminta berbagi kepemilikan saham dengan mereka.

2 dari 4 halaman

Kandidat Pengganti Keluarga Glazer

Sejauh ini sudah ada beberapa pihak yang disebut sebagai kandidat pengganti keluarga Glazer di Manchester United. Dari Inggris ada nama salah satu orang terkaya di negara tersebut yakni Sir Jim Ratcliffe.

Legenda Man United David Beckham juga sempat disebut-sebut bisa jadi bos baru di Old Trafford. Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika, Apple, juga sempat dikaitkan dengan United.

Kemudian ada juga konsorsium dari Arab Saudi. Ada juga konsorsium dari Dubai dan Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Dukungan Pemerintah Arab Saudi

Kabar adanya konsorsium dari Arab Saudi ini mendapat perhatian dari menteri olahraga negara tersebut, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal. Ia mengaku pemerintah setempat siap mendukung invenstor lokal dari swasta yang ingin membeli Manchester United atau pun Liverpool.

"Dari sektor swasta, saya tidak bisa berbicara atas nama mereka, tapi ada banyak minat dan keinginan serta ada banyak gairah tentang sepak bola," kata Al Faisal pada BBC Sport.

"Ini adalah liga yang paling banyak ditonton di Saudi dan kawasan ini dan Anda memiliki banyak penggemar Premier League. Kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta [Saudi] yang masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif pada olahraga di dalam kerajaan," terangnya,

"Tetapi jika ada investor yang mau melakukannya dan jumlahnya bertambah, mengapa tidak?"

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR