BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Half-Time Talk: Tak Banyak Bicara Taktik, Guardiola Akui Kualitas Pemain yang Jadi Pembeda

08-02-2021 09:00 | Richard Andreas

Pemain Manchester City, Bernardo Silva (kiri) berduel dengan bek Liverpool, Andrew Robertson (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (7/2/2021). (c) AP Photo
Pemain Manchester City, Bernardo Silva (kiri) berduel dengan bek Liverpool, Andrew Robertson (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (7/2/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Gagal penalti di babak pertama, Manchester City terbukti masih terlalu kuat untuk Liverpool. Tim tamu memetik kemenangan 4-1 dalam duel sengit di Anfield, Minggu (7/2/2021) malam WIB kemarin.

Ya, Pep Guardiola menuntun timnya membungkus 3 poin lewat kemenangan impresif. Skor sempat terkunci 0-0 di babak pertama, lalu berubah jadi 1-1 di pertengahan babak kedua, dan dalam waktu singkat berubah jadi 4-1 untuk Man City.

Seharusnya laga lebih mudah andai Man City unggul 1-0 di babak pertama. Mereka mendapatkan hadiah penalti di menit ke-37, tapi sayang Ilkay Gundogan gagal memaksimalkannya.

Kegagalan ini dicemaskan bisa merusak mental Man City, terlebih bermain di Anfield. Namun, ternyata Josep Guardiola tidak pernah membahas penalti itu di jeda paruh waktu. Apa katanya?

1 dari 2 halaman

Half-time

Gagal penalti di Anfield tentu bisa membuat tim manapun kesulitan, mental pemain bisa goyah. Meski begitu, Guardiola ternyata tidak bicara apa pun. Dia membiarkan para pemain menyelesaikannya sendiri dan terbukti berhasil di babak kedua.

"Saya tidak mengatakan apa pun di jeda paruh waktu. Para pemain membuat keputusan sendiri dan mereka menyelesaikannya sendiri, dan para gelandang tampil fantastis," ujar Guardiola di Mancity.com.

"Khususnya ketika Anda harus bereaksi setelah gagal memaksimalkan penalti lawan Liverpool di Anfield."

2 dari 2 halaman

Gagal penalti dan kualitas pemain

Man City memang punya catatan buruk soal penalti saat melawan Liverpool, tapi setidaknya kali ini mereka berhasil menang. Penalti itu pun tidak pernah dibahas, Guardiola bahkan tidak banyak bicara soal taktik.

"Tiga tahun lalu kami pun gagal penalti di sini, di menit ke-88 Riyad Mahrez gagal, lalu Kevin pun gagal di kandang, dan hari ini Gundo, jadi sekali lagi ini sulit bagi kami secara mental," lanjut Pep.

"Di paruh waktu kami tidak mengatakan apa pun soal gagal penalti itu, kami hanya perlu mengontrol pergerakan mereka lebih baik."

"Dan setelahnya kualitas para pemain jadi pembeda," tandasnya.

Sumber: Man City

KOMENTAR