Genap Dua Tahun Latih Arsenal, Arteta: Tidak Terduga, tapi Senang!

Richard Andreas | 23 Desember 2021, 06:20
Manajer Arsenal, Mikel Arteta (c) AP Photo
Manajer Arsenal, Mikel Arteta (c) AP Photo

Bola.net - Per 20 Desember 2021 kemarin Mikel Arteta genap melatih Arsenal selama dua tahun. Ada banyak hal menarik selama dua tahun tersebut, bagaimana rapor Arteta?


Berstatus sebagai mantan pemain, Arteta dipilih menggantikan Unai Emery ketika Arsenal sedang kesulitan di akhir tahun 2019 lalu. Dia diharapkan bisa membawa perubahan dan mengembalikan Arsenal ke level yang seharusnya.

Tentu tugas itu tidak mudah, terlebih untuk pelatih muda seperti Arteta. Arsenal masih terus kesulitan dan tidak jarang muncul desakan #ArtetaOut.

Kendati demikian, Arteta terbukti bisa bertahan selama dua tahun, bahkan sudah mempersembahkan trofi. Kini dia bicara soal masa-masa menangani Arsenal dua tahun terakhir. Apa katanya?

1 dari 2 halaman

Rumit, tidak terduga, tapi senang!

Melatih Arsenal bukan tugas mudah. Arteta akan selalu dibandingkan dengan nama besar Arsene Wenger dan karena kualitas skuad yang terbatas, dia tidak bisa benar-benar membawa Arsenal bersaing di level tertinggi.

Ketika diminta bicara soal dua tahun bekerja sebagai pelatih Arsenal, Arteta menjawab: "Bahwa ini jauh lebih rumit dari yang terlihat, jauh lebih sulit diprediksi! Namun, saya menyukai apa yang saya lakukan."

"Saya merasa terhormat dan sangat beruntung bisa berada di posisi sekarang dan saya berusaha menikmatinya sebisa mungkin. Tekanannya tinggi dan ada banyak keputusan penting yang harus dibuat."

2 dari 2 halaman

Musim masih panjang

Menariknya, Arteta tidak bisa bicara soal posisi Arsenal sekarang dan Arsenal yang dia inginkan dalam bayangannya. The Gunners memang sudah berkembang, tapi musim masih panjang.

"Saya tidak tahu, sebab kami baru separuh menjalani musim ini, sayangnya musim baru akan berakhir di bulan Mei tahun depan dan masih ada banyak hal yang perlu dilakukan," lanjut Arteta.

"Kami masih harus jadi lebih baik dalam banyak hal, harus berkembang, tapi menurut saya tim kami sudah bergerak ke arah yang tepat," tandasnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR