BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Gegenpressing' Ala MU Racikan Rangnick Terlihat di Laga Debut, Statistik Membuktikan!

06-12-2021 05:21 | Yaumil Azis

Pelatih Manchester United, Ralf Rangnick. (c) AP Photo
Pelatih Manchester United, Ralf Rangnick. (c) AP Photo

Bola.net - Ralf Rangnick baru memimpin sesi latihan Manchester United sebanyak satu kali. Namun hasil racikan tangan dinginnya telah terlihat dengan cukup jelas ketika menghadapi Crystal Palace hari Minggu (5/12/2021) kemarin.

Laga lanjutan Premier League tersebut digelar di markas the Red Devils, Old Trafford. Manchester United bersusah payah untuk meraih tiga poin, dan menjadi pemenang dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Fred pada menit ke-77.

Paling tidak, 'gegenpressing' yang diharapkan fans Manchester United terlihat dalam pertandingan kali ini. Cristiano Ronaldo dkk terlihat aktif dalam melakukan tekanan kepada lawan dan tidak membiarkan mereka menguasai bola terlalu lama.

Menurut catatan, mereka memiliki penguasaan bola hingga 62 persen. Ini bukan Manchester United yang biasanya. Dan kalau dilihat ke dalam statistik yang lebih spesifik, 'gegenpressing' Rangnick bisa terlihat lebih jelas.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Memadati Wilayah Pertahanan Lawan

Analis sepak bola buat BBC Sports, dengan akun media sosial Twitter bernama Statman Dave, membagikan beberapa angka-angka yang menarik. Dimulai dari jumlah tembakan the Red Devils selama 30 menit pertama pertandingan.

Dave mencatat bahwa Manchester United melepaskan 10 tembakan dalam 30 menit pertama. Statistik tersebut sudah melampaui jumlah tembakan ketika mereka dipermalukan oleh Watford beberapa pekan lalu [sembilan].

Ketika babak pertama berakhir, Dave menemukan beberapa catatan menarik lain: 108 operan berakhir di sepertiga akhir lapangan, 48 operan menuju ke sepertiga ahir, 26 sentuhan di kotak penalti lawan, 26 operan di kotak penalti lawan, dan penguasaan bola dimenangkan sebanyak enam kali di sepertiga akhir lapangan.

Catatan terakhir berkembang menjadi 12 kali seiring dengan waktu berjalan. Dave menemukan bahwa Manchester United tak pernah memenangkan bola sebanyak ini di wilayah lawan sebelum Rangnick datang. Terbanyak saat bertemu Newcastle United dan Arsenal, yakni tujuh kali.

2 dari 2 halaman

Pemain Kunci

Filosofi 'gegenpressing' juga terlihat dalam permainan Fred pada malam ini. Tidak hanya mencetak gol, gelandang asal Brasil itu juga memenangkan 10 duel, melepaskan 10 operan ke sepertiga akhir, melakukan sembilan tekel dan merebut bola kembali sebanyak sembilan kali.

Diogo Dalot juga menjadi pemain yang patut mendapatkan apresiasi besar, dengan catatan 20 umpan sukses, tiga kali mengembalikan penguasaan bola, tiga operan menuju kotak penalti lawan, dan dua tekel sukses.

Ada catatan yang menarik juga dari sang bek sekaligus kapten tim, Harry Maguire. Ia melepaskan 15 operan di sepertiga akhir lapangan, paling banyak yang bisa dicatatkan seorang pemain MU musim ini setelah Paul Pogba [23 operan vs Newcastle].

Dari catatan-catatan ini, terlihat bagaimana Rangnick ingin memadati wilayah pertahanan lawan dan meminta pemain lebih rajin mengirim bola ke kotak penalti lawan. Ini bisa meningkatkan peluang Manchester United mencetak gol.

(Twitter/Statman Dave)

KOMENTAR