BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gara-Gara VAR, Wasit Premier League Sekarang Khawatir Terlihat Bodoh

12-11-2019 16:12 | Aga Deta

Wasit Michael Oliver usai memimpin laga Liverpool vs Manchester City, Minggu (10/11/2019). (c) AP Photo Wasit Michael Oliver usai memimpin laga Liverpool vs Manchester City, Minggu (10/11/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Pemakaian VAR di Premier League musim ini ternyata banyak menimbulkan keputusan yang kontroversi. Setidaknya ada 29 keputusan wasit dianulir oleh VAR dalam 12 pertandingan terakhir.

Kasus terbaru mengenai tentang VAR terjadi saat pertandingan Liverpool menghadapi Manchester City pada, Senin (11/11/2019) dini hari WIB. Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mencak-mencak setelah wasit tidak memberi penalti sebanyak dua kali setelah Trent Alexander-Arnold menyentuh bola dengan tangannya.

Peristiwa tersebut jelas mengundang reaksi tentang pentingnya penggunaan VAR di Premier League. Para wasit di Premier League memberi komentar terkait penggunaan VAR dalam 12 partai yang telah dijalani.

"Ada banyak kekhawatiran di antara para wasit, mereka seperti terlihat dibuat bodoh oleh VAR," kata seorang sumber kepada The Sun, Senin (11/11/2019).

"VAR seharusnya membantu para wasit di lapangan. Namun, ada 29 keputusan yang dibatalkan VAR dalam 12 pertandingan," imbuhnya.

"Situasinya benar-benar berantakan. Tidak ada rencana yang jelas bagaimana memperbaikinya. Ini berarti wasit akan terus menderita karena VAR," imbuh dia.

1 dari 1 halaman

Premier League Berencana Melakukan Perombakan Radikal terkait VAR

Beberapa pekan lalu dilakukan sebuah pertemuan pertemuan terkait VAR. Telegraph melaporkan pembahasan tersebut berisi manajer dapat diizinkan mengajukan banding terhadap keputusan selama pertandingan.

Bahkan manajer dapat melakukan banding hingga tiga kali seperti permainan tenis. Namun, pihak Premier League tampaknya akan menolak mentah-mentah.

Jika keputusan itu disetujui akan menyebabkan pemborosan waktu. Manajer yang licik dapat menggunakan kesempatan itu untuk mengacaukan permainan, seperti saat tim melakukan serangan balik yang berbahaya.

Namun, beberapa ketua klub lebih memilih VAR ditangguhkan sampai bisa disempurnakan.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Hanif Sri Yulianto/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 12 November 2019

KOMENTAR

Pesta Gol, Bayern Munchen Gunduli Crvena Zvezda 6-0