BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gabung Chelsea, Lampard Diminta Berkaca dari Kasus Neville dan Mourinho

05-07-2019 06:00 | Yaumil Azis

Frank Lampard. (c) AFP Frank Lampard. (c) AFP

Bola.net - Pat Nevin sudah menyaksikan sendiri bagaimana sejumlah sosok kenamaan seperti Gary Neville dan Sir Alex Ferguson kesulitan di masa-masa awal kepelatihannya. Legenda Chelsea tersebut lalu meminta Frank Lampard untuk berkaca dari itu.

Per hari Kamis (4/7) kemarin, Frank Lampard resmi menjadi pelatih Chelsea untuk menggantikan Maurizio Sarri yang pindah ke Juventus. Ia menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan bayaran senilai empat juta pounds per musimnya.

Lampard sendiri bukanlah sosok yang asing untuk Chelsea. Semasa aktif sebagai pemain, ia bertahan di Stamford Bridge selama 13 musim dan telah mempersembahkan 13 gelar dari berbagai kompetisi, salah satunya adalah trofi Liga Champions 2011-2012.

Tapi ada sedikit keraguan dari penunjukan Lampard sebagai pelatih. Tak bisa dimungkiri, pengalamannya masih terbilang cukup minim karena pria berumur 41 tahun tersebut baru memulai karir kepelatihannya di musim 2018-2019 dengan klub divisi Championship, Derby County.

Oleh karena itu, Pat Nevin memberikan saran kepada Lampard untuk berkaca pada kasus-kasus yang terjadi pada sejumlah sosok penting seperti Gary Neville dan Sir Alex Ferguson. Keduanya juga mengalami kesulitan saat memulai kiprahnya sebagai pelatih.

"Jika semuanya telah salah sejak awal, itu bisa menghancurkan peluang anda untuk terus maju. Lihat apa yang dialami Gary Neville setelah kiprahnya di Valencia berjalan dengan buruk," tutur Pat Nevin kepada BBC Sport.

"Sir Alex Ferguson dipecat dari jabatan pertamanya di St Mirren - walaupun ia berhasil bangkit dengan cukup baik! Anda mungkin bagus, tapi anda juga harus punya penempatan waktu yang tepat dalam manajemen tim," lanjutnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1 halaman

Berkaca Pada Mourinho Juga

Tidak hanya kepada dua sosok tersebut, Pat Nevin juga menyarankan Lampard untuk melihat perjalanan Jose Mourinho di Chelsea. Pria asal Portugal tersebut dijadikannya sebagai contoh bahwa The Blues tak sungkan memecat pelatih jika semua tidak berjalan sesuai rencana.

"Mourinho adalah pelatih paling legendaris yang klub ini pernah punya, dan dia dipecat dua kali!" tandasnya.

Sebagai informasi, Mourinho menginjakkan kaki di Stamford Bridge pada tahun 2004 usai membawa FC Porto juara Liga Champions, dan dipecat tiga musim setelahnya. Naisb yang sama juga terjadi di tahun 2015 lalu.

Para Bek Premier League yang Berbahaya pada Pekan Pertama

KOMENTAR