BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Frank Lampard Eksperimen 4-4-2, Bagaimana Duet Timo Werner - Tammy Abraham?

25-01-2021 05:20 | Richard Andreas

Tammy Abraham dan skuad Chelsea merayakan gol ke gawang Luton Town, Minggu (24/1/2021) (c) AP Photo Tammy Abraham dan skuad Chelsea merayakan gol ke gawang Luton Town, Minggu (24/1/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Duel kontra tim divisi 2, Luton Town, jadi kesempatan bagi Frank Lampard untuk bereksperimen. Dia menurunkan formasi baru Chelsea, dan hasilnya cukup memuaskan.

Minggu (24/1/2021), The Blues menggasak Luton Town dengan skor 3-1 di Stamford Bridge. Ketiga gol diborong oleh Tammy Abraham, dan seharusnya skor bisa lebih besar.

Kemenangan ini penting bagi Chelsea yang kesulitan pada beberapa pekan terakhir. Lampard dikritik tidak bisa memaksimalkan potensi skuad The Blues, khususnya para pemain baru seperti Timo Werner.

Di laga ini, Lampard menjawab kritik itu dengan mencoba menduetkan Werner dengan Abraham. Apa katanya?

1 dari 3 halaman

Cukup memuaskan

Selain duet Werner-Abraham di lini serang, ada pula duet Gilmour-Mount di lini tengah. Lalu kedua sisi sayap diisi Christian Pulisic dan Hakim Ziyech.

Bagi Lampard, eksperimen formasi ini menuntut timnya untuk beradaptasi, dan baginya hasilnya cukup memuaskan.

"Ketika Anda terbiasa bermain dengan tiga gelandang lalu diubah jadi dua, jelas kondisinya berbeda dan Anda perlu bermain lebih disiplin, sebab Anda mencoba mengirim para penyerang lebih tinggi di lini serang," ujar Lampard di Chelseafc.com.

"Ini satu opsi yang bisa kami pertimbangkan ke depannya, tapi sebenarnya fokus ada pada dua penyearng, memastikan mereka bisa memberikan sesuatu yang tidak kami miliki sebelumnya."

"Serta memastikan Anda tidak kehilangan terlalu banyak bola di lini tengah dengan menarik satu gelandang," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Berjalan baik

Singkatnya, formasi 4-4-2 tampak berjalan baik, dua penyerang berduet dengan baik dan lini tengah bisa tampil stabil. Yang paling penting para pemain bisa berdisiplin dengan perannya masing-masing.

"Ini langkah yang bagus. Para pemain melakukan tugasnya dengan baik, mengalirkan bola dengan baik, tampil disiplin, jadi jelas kami bisa mempertimbangkan formasi ini ke depannya," lanjut Lampard.

"Saya selalu mempertimbangkan kemampuan pemain dalam tim, dalam sistem, itulah bagian dari proses tahun ini dengan adanya pemain-pemain baru dan pemain muda."

3 dari 3 halaman

Masih dipertimbangkan

Biar begitu, Lampard tidak mau buru-buru menjamin Chelsea akan kembali menggunakan formasi yang sama di liga untuk pertandingan berikutnya.

"Hari ini berjalan tepat bagi kami. Saya tidak tahu apakah ini jalan terbaik untuk ke depannya, tapi bagus bisa melihat opsi ini," tutup Lampard.

Sumber: Chelsea

KOMENTAR