BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Firmino, Pemain Terbaik Liverpool dan Sempurna Bagi Klopp

13-02-2020 22:56 | Dimas Ardi Prasetya

Roberto Firmino usai laga Wolves di pekan ke-24 Premier League di Molineux Stadium (c) AP Photo Roberto Firmino usai laga Wolves di pekan ke-24 Premier League di Molineux Stadium (c) AP Photo

Bola.net - Roberto Firmino mungkin tidak mencetak gol sebanyak Mohamed Salah dan Sadio Mane akan tetapi menurut Lutz Pfannenstiel, ia adalah pemain terbaik Liverpool dan pemain yang sempurna bagi Jurgen Klopp.

Firmino menjadi kejutan yang sangat menyenangkan sejak didatangkan dari Hoffenheim pada tahun 2015 lalu. Ia menjadi penyerang tengah yang dicari oleh Liverpool sepeninggal Luis Suarez.

Padahal ia aslinya adalah seorang gelandang serang. Firmino memang bukan penyerang yang mencetak gol sebanyak Suarez, namun ia mampu membuat Salah dan Mane tampil tajam.

Sebab ia bukan sosok pemain yang egois. Selain itu ia juga sosok penyerang yang tidak keberatan untuk turun jauh ke belakang demi membantu timnya bertahan.

Banyak pujian yang telah dilayangkan kepadanya. Kali ini ia mendapatkan pujian lagi dari scout yang dahulu membawanya dari Amerika Selatan ke Eropa, yakni Pfannenstiel.

1 dari 2 halaman

Masa-masa Sulit di Jerman

Roberto Firmino direkrut oleh Hoffenheim pada tahun 2011 silam. Ia direkrut dari klub asal Brasil, Figueirense.

Lutz Pfannenstiel mengungkapkan bahwa awalnya Firmino cukup kesulitan beradaptasi di Jerman. Akan tetapi seiring waktu ia mampu berkembang dan bahkan sempat dianugerahi Breakthrough Player di Bundesliga musim 2013-14.

“Namun demikian, ia memiliki kesulitan awal yang normal seperti kebanyakan orang Amerika Selatan. Ia datang ke Hoffenheim pada usia 19 tahun sebagai anak langsing, tidak bisa berbahasa Jerman. Tetapi selama waktu ini, karakter istimewanya terungkap," bebernya pada Goal dan SPOX.

"Ia bekerja jauh lebih banyak daripada kebanyakan pemain, selalu melakukan latihan ekstra di lapangan atau di gym dan berkembang secara fisik dengan sangat cepat. Ia memiliki keinginan tanpa syarat," serunya.

"Ia menggabungkan yang terbaik dari kedua filosofi sepakbola [Brasil dan Jerman]: banyak pekerjaan tanpa bola, disiplin dan antusiasme Brasil. Ia menjadi lebih baik dan lebih baik," pujinya.

2 dari 2 halaman

Terbaik dan Sempurna

Setelah Hoffenheim, Roberto Firmino pindah ke Liverpool. Saat itu manajer yang memboyongnya adalah Brendan Rodgers.

Akan tetapi Firmino bisa menampilkan performa terbaiknya bersama dengan Jurgen Klopp. Ia juga meraih sukses besar sejauh ini.

Lutz Pfannenstiel paham bahwa Liverpool saat ini juga dihuni oleh banyak pemain top. Namun baginya Firmino adalah pemain terbaik The Reds dan ia adalah pemain yang memang berjodoh dengan skema Klopp.

“Sangat dimengerti bahwa pindah ke klub top akan mengikuti pada titik tertentu. Bahwa itu kemudian menjadi Liverpool dan bahwa ia kemudian mendapat pelatih seperti Jurgen Klopp yang punya rencana jelas bersamanya seperti memenangkan lotre," serunya,

“Semua orang selalu berbicara tentang gol Sadio Mane dan Mohamed Salah, tetapi bagi saya Firmino adalah MVP tim. Bagaimana ia menemukan celah dan bekerja mundur - itu sangat cocok," cetusnya.

Roberto Firmino sejauh ini telah tampil sebanyak 228 kali bagi Liverpool. Ia telah menyumbangkan 76 gol dan 59 assist bagi The Reds.

(goal/spox)

KOMENTAR

Filip Kostic - Sang Pembuat Perbedaan milik Eintracht Frankfurt