BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fans Premier League Merapat, Ini Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kompetisi Musim 2020-21

28-07-2020 17:15 | Dimas Ardi Prasetya

Trofi Premier League 2019-2020 saat dimenangkan Liverpool. (c) AP Photo Trofi Premier League 2019-2020 saat dimenangkan Liverpool. (c) AP Photo

Bola.net - Kompetisi Premier League 2019-20 telah berakhir dan kini saatnya untuk menyambut kompetisi musim 2020-21.

Kompetisi musim 2019-20 memang harus berjalan molor dari jadwal aslinya. Hal ini tak lepas dari munculnya virus corona.

Alhasil kompetisi musim ini baru berakhir bulan Juli. Padahal biasanya kompetisi sudah berakhir pada bulan Mei.

Tim-tim Premier League pun nanti akan dipaksa bekerja keras. Sebab mereka harus menjalani jadwal yang padat agar bisa kompetisi bisa segera dituntaskan.

Kini setelah tuntas hingga pekan ke-38 pada akhir pekan kemarin, dan Liverpool telah keluar sebagai juara, para pemain bisa beristirahat. Namun jatah istirahat itu cuma sebentar. Sebab kompetisi akan dimulai kurang dari dua bulan lagi.

Jadi apa saja yang perlu Anda ketahui tentang kompetisi Premier League musim 2020-21 mendatang? Simak semua informasinya berikut ini.

1 dari 8 halaman

Kapan Kompetisi Premier League 2020-21 Dimulai?

Premier League sebelumnya sudah mengungkapkan bahwa kompetisi musim 2020-21 akan dimulai pada bulan September, tepatnya mulai tanggal 12. Biasanya kompetisi sudah dimulai pada bulan Agustus.

Tepatnya pada tanggal 8 Agustus. Artinya musim baru akan dimulai hanya sekitar enam pekan setelah musim kemarin berakhir.

Akan tetapi akan ada beberapa tim yang diberikan kompensasi. Mereka adalah Manchester United, Manchester City, Chelsea dan Wolverhampton.

Pasalnya mereka masih bermain di level Eropa. Mereka akan diberikan kompensasi waktu jika sukses lolos ke babak-babak berikutnya.

Pihak Premier League kemungkinan akan memberikan jaminan 30 hari libur bagi para pemain untuk memulihkan kondisi fisiknya, dari hari setelah pertandingan terakhir mereka di Eropa musim ini.

2 dari 8 halaman

Kapan Premier League 2020-21 Berakhir?

Kompetisi Premier League 2020-21 dijadwalkan untuk berakhir pada bulan Mei 2021. Tepatnya pada tanggal 23.

Dari jadwal ini, ada kemungkinan akan ada penambahan jadwal pertandingan yang lebih padat dari sebelumnya. Apalagi jika ada tim yang sampai lolos ke babak final pertandingan di pentas Eropa.

Kompetisi Premier League ini akan berakhir tak lama sebelum Euro 2020 digelar. Hanya ada selisih 19 hari saja sebelum turnamen dua tahun itu menggelar kickoff.

3 dari 8 halaman

Siapa tim yang Terdegradasi?

Kompetisi musim depan jelas akan berbeda dibandingkan kompetisi musim 2019-20 ini. Pasalnya ada tim yang sudah terdegradasi.

Mereka harus menerima pil pahit bermain di divisi Championship. Ada tiga klub yang sudah dipastikan turun kasta; Norwich City, Watford, dan Bournemouth.

Norwich sudah terdegradasi beberapa pekan sebelum kompetisi berakhir. Mereka sebenarnya baru musim ini promosi lagi ke Premier League.

Mereka jadi tim terburuk musim ini di Premier League. Mereka menghuni dasar klasemen dengan raihan hanya 21 poin dari 38 pertandingan.

Sementara itu Watford ada di peringkat 19. Mereka mengoleksi 34 poin. Jumlah itu sama dengan raihan Bournemouth, yang ada di posisi 18.

Kedua tim ini sama-sama terdegradasi di pekan terakhir Premier League 2019-20.

4 dari 8 halaman

Siapa Saja Wajah Baru di Premier League 2020-21?

Ada tiga tim yang terdegradasi. Tentu saja akan ada tiga klub dari divisi Championship yang menggantikannya.

Mereka yang dipastikan promosi adalah Leeds United dan West Brom. Leeds berstatus sebagai juara divisi Championship dan The Baggies finis di posisi runner-up.

Satu slot lagi akan diperebutkan oleh empat tim. Brentford, Fulham, Cardiff, Atau Swansea City, akan memperebutkan satu tiket tersebut melalui play-off.

5 dari 8 halaman

Apakah Fans Boleh ke Stadion?

Musim yang baru akan dimulai secara tertutup. Akan tetapi sejumlah penonton dapat kembali ke stadion tim kesayangan mereka dengan tetap memperhatikan aturan jaga jarak per 1 Oktober.

Pertemuan massal di lapangan olahraga telah dilarang sejak bulan Maret lalu. Namun Perdana Menteri Inggris mengatakan pada pertengahan Juli bahwa pemerintah berharap banyak orang bisa kembali setelah digelarnya sejumlah uji coba pada beberapa event di bulan Agustus.

Berbagai laporan telah menyatakan bahwa awalnya stadon hanya bisa diisi 30 hingga 50 persen dari kapasitas aslinya. Selain itu kehadiran di berbagai acara olahraga untuk waktu yang akan datang akan diatur dengan sejumlah persyaratan yang ketat.

Klub-klub telah berdiskusi membawa penggemar kembali ke stadion pada pertemuan Premier League pada 24 Juli. Pihak EPL siap menawarkan stadion untuk pertandingan pramusim yang dapat bertindak sebagai acara uji coba pada Agustus atau awal September, dengan pimpinan liga ingin agar penggemar segera kembali bisa menonton pertandingan secara langsung - tetapi dengan kondisi seaman mungkin.

6 dari 8 halaman

Adakah Perubahan Aturan di Premier League Musim Depan?

Penggunaan lima pergantian pemain musim depan telah disetujui oleh para pembuat aturan sepak bola, IFAB. Namun demikian setiap kompetisi akan bebas untuk memutuskan apakah akan mengikuti aturan itu atau tidak.

Klub-klub EPL telah membahas gagasan itu pada pertemuan pemegang saham terakhir mereka sebelum akhir musim 2019/20. Akan tetapi pemungutan suara diperkirakan tidak akan berlangsung sampai RUPS berikutnya - ketika semua 20 klub telah dikonfirmasi untuk musim baru - pada 6 Agustus.

Ketua PGMOL Mike Riley menyampaikan tinjauan VAR kepada klub-klub dalam pertemuan bulan Juli lalu dan Premier League diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan FIFA selama liburan musim panas. Pejabat tinggi FIFA, termasuk Gianni Infantino, Pierluigi Collina dan Arsene Wenger, telah mengkritik penggunaan VAR yang tidak konsisten dalam beberapa kompetisi.

Sementara itu, banyak klub telah merilis jersey baru untuk kampanye yang akan datang dan Nike telah merilis bola baru - yang mereka katakan telah mengatasi masalah "aerodinamika yang tidak konsisten".

7 dari 8 halaman

Kapan Bursa Transfer Pemain Dibuka?

Bursa Transfer akan berlangsung selama 10 pekan. Klub-klub mulai bisa bertransaksi mulai 27 Juli 2020.

Bursa transfer baru akan ditutup pada 5 Oktober 2020. Tepatnya pada pukul 23.00 waktu setempat.

Namun akan ada tambahan waktu untuk transfer pemain di level domestik. Jendela transfer itu dibuka pada 5 Oktober sejak pukul 17.00 hingga 16 Oktober.

Akan tetapi, klub-klub Premier League hanya bisa bertransaksi dengan klub-klub dari divisi EFL. Entah itu untuk transfer dengan status pinjaman atau secara permanen.

Klub-klub Premier League tak boleh bertransaksi dengan sesama klub Premier League lainnya atau klub dari luar negeri.

8 dari 8 halaman

Jadwal Eropa

Jadwal kompetisi Premier League juga akan dipengaruhi oleh jadwal pertandingan di kompetisi level Eropa. Sebab ada beberapa klub yang akan bermain di level tersebut.

Kompetisi Liga Champions akan dimulai lagi selama 12 hari. Kompetisi UCL dimulai di Lisbon, Portugal, dari 12 hingga 23 Agustus 2020.

Manchester City dan Chelsea masih bermain di turnamen ini. Kompetisi UCL musim depan sendiri akan dimulai pada bulan Oktober 2020.

Sementara itu kompetisi Liga Europa akan dimulai pada 5 dan 6 Agustus 2020. Wolverhampton dan Manchester United masih berkecimpung di kompetisi ini. Mereka akan memainkan duel mereka di babak 16 besar.

Duel di babak delapan besar akan digelar di empat venus di Jerman dari tanggal 10 sampai 21 Agustus. Sementara itu kompetisi musim depan akan dimulai sejak 20 Oktober 2020.

Pihak Premier League sendiri akan terus berkonsultasi dengan koleganya di FA dan EFL mengenai penjadwalan semua kompetisi domestik.

(Sky Sports)

KOMENTAR