BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fans Chelsea Sudah Tahu Bedanya Taktik Tuchel dan Lampard? Ini Pencerahan dari Rudiger

16-02-2021 00:32 | Yaumil Azis

Antonio Rudiger saat berlaga di pertandingan antara Krasnodar vs Chelsea di matchday 2 Liga Champions 2020-21. (c) AP Photo Antonio Rudiger saat berlaga di pertandingan antara Krasnodar vs Chelsea di matchday 2 Liga Champions 2020-21. (c) AP Photo

Bola.net - Banyak orang yang masih meraba-raba perbedaan taktik Chelsea di era kepelatihan Frank Lampard dan Thomas Tuchel. Sang bek, Antonio Rudiger, memberikan jawabannya kepada publik.

Era kepelatihan Lampard berlangsung selama 18 bulan, tepat setelah dirinya direkrut dari Derby County guna menggantikan Maurizio Sarri pada tahun 2019 lalu. Awalnya, perjalanan the Blues berlangsung cukup manis.

Dengan skuad terbatas karena hukuman embargo transfer, Lampard sukses membantu the Blues finis di empat besar Premier League. Bahkan Chelsea sempat menjadi penantang gelar serius musim ini.

Namun peruntungannya berubah ketika memasuki bulan Desember 2020 lalu. Mereka hanya mampu mengantongi tiga kemenangan dari 10 laga Premier League sebelum akhirnya Lampard dipecat pada tanggal 25 Januari 2021 kemarin.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Lebih Baik dari Musim Lalu

Kehadiran Tuchel di kursi kepelatihan membuat Chelsea menjadi lebih baik. Kendati demikian, tiga kemenangan beruntun yang diperolehnya belum begitu meyakinkan.

Tidak mengherankan, sebab Tuchel butuh waktu untuk memberikan semua gagasan taktiknya kepada tim. Tetapi, apa sih sebenarnya perbedaan yang mendasar dari taktik Tuchel dengan Lampard selain bentuk formasi?

Antonio Rudiger selaku bek Chelsea punya jawabannya, setidaknya untuk sektor pertahanan. Ia mengatakan kalau lini pertahanan the Blues pada musim ini jauh lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya.

"Secara umum, dalam keseluruhan musim, dalam hal pertahanan, dibandingkan musim lalu, kami bermain dengan sangat baik," ungkap Rudiger kepada Sky Sports.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Taktik Dua Pelatih

Rudiger kemudian menjelaskan secara lebih detail soal itu. Pria berkebangsaan Jerman tersebut mengatakan kalau kini Chelsea lebih mementingkan perebutan bola terjadi di area lawan ketimbang wilayah sendiri.

"Itu juga dimulai dengan Lampard dan sekarang pelatih punya rencana yang berbeda, yakni menahan lawan di wilayahnya sendiri dan merebut bola di sana ketimbang merebutnya di wilayah kami," lanjutnya.

Ia juga memiliki pandangan yang cukup positif mengenai Tuchel. Katanya, mantan pelatih PSG dan Borussia Dortmund tersebut tahu persis apa yang diinginkan dari anak asuhnya.

"Saya pikir pelatih tahu apa yang dia inginkan. Dia punya cara bermain dan anda bisa melihatnya dari pertandingan, pemain telah beradaptasi dengan cepat," pungkasnya.

(Metro)

KOMENTAR