BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fakta Unik: Pemain Tottenham Sekarang Belum Pernah Merasakan Kasih Sayang Mourinho

20-11-2019 11:07 | Yaumil Azis

Frank Lampard dan Jose Mourinho. (c) IST Frank Lampard dan Jose Mourinho. (c) IST

Bola.net - Kabar soal keputusan Tottenham memecat Mauricio Pochettino mengejutkan banyak orang. Dan belakangan ini, Jose Mourinho disebut sebagai kandidat terkuat untuk menggantikannya.

Mourinho adalah sosok yang paling realistis bagi the Lilywhites saat ini. Selain karena sedang menganggur, Mourinho juga memiliki CV yang mentereng sebagai seorang pelatih hebat dunia. Ia pernah memperkuat banyak klub besar.

Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, dan Manchester United sudah pernah ia asuh. Sebagian besar dari klub tersebut selalu dihuni oleh pemain yang pernah ia latih. Namun uniknya tidak ada sosok seperti itu di Tottenham.

Hanya ada beberapa pemain yang pernah masuk dalam daftar belanjanya sewaktu masih menukangi Manchester United. Mereka adalah Davinson Sanchez, saat masih membela Ajax Amsterdam, dan juga Toby Alderweireld.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Boyong Carvalho dan Ferreira ke Chelsea

Menilik ke belakang, karir kepelatihan Mourinho dimulai tahun 2000 saat ia bergabung dengan Benfica. Tapi namanya baru dikenal publik pada tahun 2004, tepat setelah dirinya berhasil mengantar Porto meraih gelar Liga Champions.

Tak lama berselang, Mourinho diangkat sebagai pelatih Chelsea. Secara teknis, pemain the Blues pada saat itu juga belum pernah dilatih olehnya. Namun di musim perdananya ia membawa serta pemain Porto seperti Ricardo Carvalho dan Paulo Ferreira.

Tiga tahun berikutnya, Mourinho pindah ke Inter Milan. Di klub ini ia tidak memiliki mantan anak asuhnya di klub sebelumnya. Tapi, beberapa dari mereka bakalan bereuni dengan Mourinho di klub lain.

2 dari 2 halaman

Mourinho Jadi Semakin Sering Bereuni

Setelah berpisah dengan Inter di tahun 2010, Mourinho memilih untuk menukangi Real Madrid. Dalam klub besar Spanyol inilah ia bereuni dengan mantan beknya semasa di Porto, Ricardo Carvalho, yang diboyong dari Chelsea pada tahun yang sama.

Kebersamaan Carvalho dengan Mourinho hanya bertahan selama tiga musim, dan keduanya meninggalkan Madrid pada tahun yang sama. Di tahun 2010, Mourinho memutuskan untuk kembali ke pelukan Chelsea.

Meski telah meninggalkan Chelsea cukup lama, Mourinho masih memiliki beberapa pemain yang pernah ia asuh seperti Petr Cech, John Terry, dan juga Frank Lampard. Selain itu Mourinho juga punya Samuel Eto'o yang pernah ia latih semasa di Inter dulu.

Mourinho kemudian bergabung dengan Manchester United pada tahun 2016 untuk menggantikan Louis Van Gaal. Di klub ini, ia bereuni dengan Zlatan Ibrahimovic yang pernah ia asuh semasa di Inter Milan dulu.

KOMENTAR