BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Erling Haaland dan Para Pemain Bintang yang Gagal Join Manchester United

18-01-2022 19:29 | Serafin Unus Pasi

Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (c) AP Photo
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United merupakan salah satu klub terbaik di kancah sepak bola Inggris. Setan Merah pun memiliki deretan prestasi bergengsi sepanjang perjalanan mereka.

Dengan reputasi tersebut, tak sulit bagi United untuk memboyong pemain yang mereka bidik. Sejumlah pemain bintang pun sempat melabuhkan kariernya di Old Trafford.

Namun, tak selamanya upaya United untuk memboyong pemain bidikannya tersebut berhasil. Tak jarang, keinginan Setan Merah mendatangkan pemain yang diincar berujung kegagalan.

Ada sejumlah pemain bintang yang urung bergabung dengan Manchester United.

Siapa saja para pemain tersebut? Berikut lima orang di antaranya.

1 dari 5 halaman

Ronaldinho

Ronaldinho (c) FC Barcelona
Ronaldinho (c) FC Barcelona

Pemain pertama dari daftar lima pemain bintang yang gagal bergabung dengan Manchester United adalah Ronaldinho. Pemain asal Brasil tersebut gagal bergabung dengan Manchester United pada awal musim 2003/2004 lalu.

Waktu itu, United berniat memboyong Ronaldinho dari PSG. Namun, alih-alih merapat ke Old Trafford, ia justru bergabung dengan Barcelona.

"Saya sangat yakin manajer kami bisa meyakinkannya. United sudah sangat dekat mengumumkan proses transfernya dan memberinya nomor punggung. Kemudian, pada detik-detik terakhir, ia mengubah pikiran dan bergabung dengan Barcelona," ucap eks penggawa Manchester United, Paul Scholes kepada 606 Savage Social Podcast.

2 dari 5 halaman

Toni Kroos

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos (c) AP Photo
Gelandang Real Madrid, Toni Kroos (c) AP Photo

Pemain kedua dalam daftar lima pemain bintang yang gagal bergabung dengan Manchester United adalah Toni Kroos. Pemain asal Jerman ini gagal merapat ke Manchester United pada 2014 silam.

Waktu itu, United bertekad memboyong Kroos sebagai amunisi tambahan di lini tengah mereka. Namun, perubahan nakhoda di tubuh Setan Merah membuat rencana tersebut berantakan.

"David Moyes sempat menemui saya. Secara umum, masalah kontrak pun sudah tuntas. Namun, kemudian, Moyes dipecat dan Louis van Gaal datang. Ini adalah masalah yang sangat rumit," ucap Kroos seperti dilansir dari The Athletic.

3 dari 5 halaman

Thomas Muller

Pemain Bayern Munchen, Thomas Muller (c) AP Photo
Pemain Bayern Munchen, Thomas Muller (c) AP Photo

Pemain ketiga dalam daftar lima pemain bintang yang gagal bergabung dengan Manchester United adalah Toni Kroos. Pemain asal Jerman tersebut gagal merapat ke Manchester United pada 2015 lalu.

Waktu itu, Louis van Gaal menginginkan Muller bergabung ke skuad Setan Merah. Namun, asa pelatih asal Belanda tersebut gagal terwujud karena Muller tak dilepas Bayern.

"Ketika Louis van Gaal menginginkan saya, semua yang terlibat menjadi sangat serius. Waktu itu, saya sudah bisa membayangkan bakal pindah ke Manchester United. Namun, kemudian manajemen klub (Muenchen, red) berkata, 'Kami menginginkanmu bertahan'," kata Muller.

4 dari 5 halaman

Sergio Ramos

Pemain PSG, Sergio Ramos (c) AP Photo
Pemain PSG, Sergio Ramos (c) AP Photo

Selain Muller, pemain bintang lain yang juga urung bergabung dengan Manchester United pada 2015 lalu adalah Sergio Ramos. Waktu itu, pemain asal Spanyol tersebut berstatus sebagai penggawa Real Madrid.

United sempat mengajukan penawaran untuk merekrut Ramos. Namun, setelah melalui negosiasi, pemain berusia 29 tahun tersebut memilih bertahan.

"Memang benar sempat ada kesempatan bagi saya untuk bergabung dengan Manchester United. Kami sudah membereskan semuanya, tapi saya senang bisa memperpanjang kontrak di Real Madrid," ungkap Ramos dalam sebuah konferensi pers.

5 dari 5 halaman

Erling Haaland

Penyerang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. (c) AP Photo
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. (c) AP Photo

Pemain terakhir dalam daftar lima pemain bintang yang gagal bergabung dengan Manchester United adalah Erling Haaland. Pemain asal Norwegia ini gagal bergabung dengan Setan Merah pada 2019 lalu.

Waktu itu, United ingin memboyong Haaland karena prospeknya sebagai pemain muda yang sangat tajam. Namun, Haaland -yang waktu itu berusia 19 tahun- memilih bergabung dengan Borussia Dortmund.

"Pada usia 19, Anda mungkin tak ingin bermain di Premier League. Ia telah memutuskan bergabung ke Borussia Dortmund. Saya senang dengan kondisinya saat ini bersama dengan klub yang ia inginkan dan terbaik baginya," kata agen Haaland, Mino Raiola kepada The Telegraph.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR