Erik Ten Hag ke Manchester United, Ini Jejak 5 Manajer Asal Belanda di Liga Inggris

Serafin Unus Pasi | 13 April 2022, 19:16
Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag. (c) AP Photo
Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag. (c) AP Photo

Bola.net - Manajer asal Belanda, Erik Ten Hag selangkah lagi akan bergabung dengan Manchester United. Dia dikabarkan telah sepakat secara verbal untuk meneken kontrak selama empat musim.


Erik Ten Hag sebenarnya masih terikat kontrak dengan Ajax Amsterdam. Kemungkinan besar dia akan menyelesaikan tugasnya di Eredivisie hingga akhir musim sebelum resmi ke Old Trafford.

Kehadiran Erik Ten Hag dalam kepelatihan Manchester United akan menambah daftar manajer asal Belanda yang berkarier di Inggris. Sayangnya, banyak dari mereka tak cukup bersinar.

Berikut 5 manajer asal Belanda yang pernah berkarier di Liga Inggris. Salah satunya juga pernah menangani Manchester United.

Penasaran siapa saja mereka? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Ruud Gullit

Mantan pemain sepak bola Belanda Ruud Gullit dalam undian Euro 2020 di Bucharest, Rumania, Sabtu, 30 November 2019. (c) AP Photo

Mantan pemain sepak bola Belanda Ruud Gullit dalam undian Euro 2020 di Bucharest, Rumania, Sabtu, 30 November 2019. (c) AP Photo

Ruud Gullit merupakan manajer Belanda pertama yang berkarier di Liga Inggris. Dia memulai kiprahnya sebagai pelatih Chelsea pada musim 1996/1997, tapi masih merangkap sebagai pemain.

Namun, karier Ruud Gullit di Chelsea tidak panjang. Dia hanya bertahan selama dua musim dengan menyumbang satu gelar juara Piala FA pada tahun pertamanya.

Pelatih kelahiran Amsterdam tersebut kemudian melanjutkan kariernya di Newcastle United. Lagi-lagi dia hanya bertahan selama semusim. Dia mundur setelah gagal memperbaiki prestasi The Magpies.

2 dari 6 halaman

Louis van Gaal

Louis Van Gaal (c) Ist

Louis Van Gaal (c) Ist

Louis van Gaal merupakan manajer kelahiran Amsterdam, Belanda. Dia datang ke Inggris pada musim 2014/2015 setelah ditunjuk sebagai pelatih Manchester United.

Namun, kariernya di Old Trafford hanya berlangsung selama dua musim. Juara Piala FA menjadi satu-satunya gelar yang dipersembahkan untuk Setan Merah.

Louis van Gaal sebenarnya termasuk manajer yang berprestasi dan berpengalaman menangani tim besar. Dia pernah membesut Ajax Amsterdam, FC Barcelona hingga Bayern Munchen.

Prestasinya bersama klub tersebut cukup mentereng. Sayangnya, kariernya di Inggris tidak semulus di Spanyol maupun di Jerman.

3 dari 6 halaman

Ronald Koeman

Ronald Koeman (c) AFP

Ronald Koeman (c) AFP

Pelatih yang gagal mengangkat prestasi Barcelona, Ronald Koeman juga punya jejak karier di Inggris. Dia memulai kiprahnya di Premier League dengan menangani Southampton pada 1 Juli 2014.

Bersama Southampton, manajer kelahiran Zaandam, Belanda itu memimpin 91 pertandingan di semua ajang. Dia mempersembahkan 44 kemenangan, 17 hasil imbang dan 40 kali kalah.

Kariernya bersama The Saints berakhir pada 30 Juni 2016, Koeman kemudian menerima tawaran Everton. Dia mengabdi di Goodison Park sampai 23 Oktober 2017.

Meski tiga musim berkarier di Inggris, tidak ada satupun gelar yang berhasil diraih. Prestasi terbaiknya adalah membawa Southampton finis di posisi keenam Premier League 2015/2016.

4 dari 6 halaman

Martin Jol

 (c) -- (c) --

Manajer bernama lengkap Maarten Cornelis Jol saat ini menangani klub kota kelahirannya ADO Den Haag sebagai Direktur Teknis. Namun, jauh sebelum itu dia sempat menginjakkan kakinya di Inggris sebagai pelatih.

Martin Jol tercatat pernah menangani Tottenham Hotspur sejak musim 2004/2005 sampai 2007/2008. Dia memulai karienya di Tottenham dengan menjadi asisten manajer dari Jacques Santini.

Meski cukup lama menangani The Lilywhites, dia juga tak begitu sukses. Dia mencatatkan rataan 1,62 poin per laga dari 147 pertandingan bersama Tottenham Hotspur.

Martin Jol juga sempat mengarsiteki Fulham pada musim 2010/2011 setelah sebelumnya hijrah ke Jerman dan Belanda. Kariernya bersama The Cottagers berakhir sampai 1 Desember 2013.

5 dari 6 halaman

Guus Hiddink

Guus Hiddink (c) CFC

Guus Hiddink (c) CFC

Guus Hiddink punya seabrek pengalaman menangani tim besar hingga tim nasional. Dia pernah menjadi manajer PSV Eindhoven, Valencia hingga Real Madrid.

Dia juga pernah menangani tim nasional Belanda, Australia, Rusia, Turki hingga Timnas Tiongkok U-21 dan U-22. Saat ini dia bertugas sebagai penasehat strategis di PSV Eindhoven.

Guus Hiddink juga pernah berkiprah di Inggris bersama Chelsea pada 2008/2009. Namun, karienya bersama The Blues hanya berlangsung setengah musim.

Meski singkat, dia mampu mempersembahkan satu gelar untuk Chelsea. Yakni juara Piala FA 2008/2009.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR