BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Eks Gunners: Virgil Van Dijk Sekalipun Tak Akan Bisa Bantu Pertahanan Arsenal

31-05-2019 02:24 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain Arsenal lesu setelah ditaklukkan Chelsea di final Liga Europa 2018/19. (c) AP Photo Pemain Arsenal lesu setelah ditaklukkan Chelsea di final Liga Europa 2018/19. (c) AP Photo

Bola.net - Pertahanan Arsenal, menurut Lee Dixon, butuh waktu sangat lama untuk dibenahi dan bahkan Virgil Van Dijk sekalipun tak akan bisa menolong mereka tampil lebih baik.

Kritikan pedas itu dilayangkan oleh Dixon setelah Arsenal kalah dari Chelsea di final Liga Europa. Di laga yang dihelat di Baku itu, The Gunners dipermak dengan skor telak 4-1.

Bobroknya pertahanan Arsenal juga terlihat di pentas Premier League. Dari 38 laga mereka kebobolan 51 kali.

Selisihnya jauh dari Liverpool yang cuma kebobolan 22 kali, sementara Manchester City 23 kali. Chelsea dan Tottenham sama-sama kebobolan 39 kali.

Catatan The Gunners hanya lebih baik dari Manchester United. Musim ini Setan Merah kebobolan sebaanyak 54 kali.

1 dari 2 halaman

Tak Bakal Berefek Banyak


Van Dijk sendiri dibeli oleh Liverpool dengan harga sekitar 75 juta pounds dari Southampton. Bek asal Belanda itu kemudian mampu memperkokoh lini pertahanan The Reds.

Namun sehebat-hebatnya Van Dijk, menurut Dixon, ia tak akan mampu memberikan banyak efek pada pertahanan Arsenal. Sebab ada yang salah dari cara tim dipersiapkan saat menghadapi situasi tanpa bola.

"Saya katakan pada Anda, Anda bisa menampatkan Van Dijk lini belakang saat ini, dengan cara tim dibentuk tanpa bola, ia tidak akan membuat banyak perbedaan," cetusnya pada BBC.

“Ini tentang mentalitas untuk mengubahnya, mereka sudah tidak bagus tanpa bola selama bertahun-tahun sekarang. Itu membutuhkan lebih dari satu pemain. Dibutuhkan lebih dari lima menit (kerja keras)," serunya.

“Dibutuhkan banyak kerja keras dan usaha di tempat latihan. Ia harus diberi waktu untuk melakukan itu, tetapi ia juga membutuhkan kualitas pemain untuk melakukan itu. Tidak apa-apa mengatakan, 'Yah, Anda bisa belajar dari satu orang ...' Butuh waktu," cetusnya.

2 dari 2 halaman

Perkuat Tim


Usai kalah dari Chesea, Unai Emery pun mengisyaratkan akan mendatangkan pemain baru. Ia berharap para pemain itu nanti memperkokoh idenya tentang bagaimana Arsenal seharusnya bermain.

"Saya kira Arsenal adalah nama besar di dunia sepak bola. Banyak pemain yang ingin bermain di sini. Kami berada dalam proses dan kami harus - dalam proses ini - memperkuat gagasan kami, memperkuat cara bermain kami. Itulah landasan kami ketika memulai musim ini," tegas Emery di Arsenal.com.

"Gagasannya adalah untuk lebih kompetitif sebagai tim, untuk mendekati tim-tim kuat lainnya, dan kami berhasil melakukan itu, saat ini, memang belum cukup untuk target kami, tetapi pekan depan dan tahun depan gagasan itu akan terus berada di benak kami."

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR