BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Eks Gelandang Persib Bandung Ini Mengaku Sempat Hampir Gabung Liverpool

19-05-2020 01:23 | Ari Prayoga

Michael Essien ketika berseragam Persib Bandung (c) Liputan6.com/ Kukuh Saokani Michael Essien ketika berseragam Persib Bandung (c) Liputan6.com/ Kukuh Saokani

Bola.net - Gelandang asal Ghana, Michael Essien mengaku dirinya pernah hampir bergabung dengan raksasa Premier League, Liverpool serta klub Prancis, PSG.

Setelah menimba ilmu di klub lokal Ghana, karier profesional Essien dimulai di klub Prancis, Bastia. Performa apiknya membuat Essien direkrut tim raksasa, Lyon pada 2003 silam.

Di Lyon, Essien menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik Eropa pada masanya. Essien pun kemudian dipinang Chelsea yang diasuh Jose Mourinho.

1 dari 2 halaman

Pengakuan Michael Essien

Rupanya, sebelum bergabung dengan Lyon, Essien sempat mendapat tawaran dari Liverpool. Namun, ia akhirnya memilih menolaknya dan bertahan di Bastia.

"Saya mendapat banyak tawaran. Saya hampir bergabung dengan Liverpool ketika Gerard Houllier menjadi pelatih mereka," ungkap Essien dalam sesi wawancara di Instagram.

"Saya bahkan pergi ke Melwood untuk menemui sang pelatih. Kami berbincang dan saya kembali ke Prancis tapi tawaran masih berdatangan. PSG, Marseille dll, tapi saya katakan pada Bastia bahwa saya tak mau pergi dan mereka juga tak mau menjual saya karena mereka ingin saya bertahan selama semusim lagi, dan itu tak masalah bagi saya karena saya tak mau hengkang. Jadi saya bertahan semusim lagi, itu tahun ketiga saya bersama klub," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Tolak PSG Demi Lyon

Essien mengaku saat itu ia merasa masih terlalu dini baginya untuk hengkang ke Inggris. Karena itulah, eks gelandang Persib Bandung itu memilih lebih dulu menerima pinangan Lyon sebelum bergabung dengan Chelsea.

"PSG sangat serius ingin menggaet saya dan mereka pun melayangkan tawaran. Saya berada di rumah kala itu dan panggilan datang menerangkan hal tersebut. Bahkan, kabar saya bergabung dengan PSG ada di televisi nasional, yang mana itu tidak benar karena saya ada di Ghana," tutur Essien.

"Ada banyak kontroversi yang terjadi antara direksi dan agen saya jadi ketika saya kembali ke Bastia, kami bertemu dengan anggota dewan direksi dan presiden, dan saya katakan pada mereka saya memilih bergabung ke Lyon meski saya suka Paris," imbuhnya.

Setelah Chelsea, Essien sempat memperkuat Real Madrid, AC Milan, Panathinaikos, Persib, sebelum kini berseragam klub asal Azerbaijan, Sabail.

Sumber: Instagram @michaelessien

KOMENTAR