BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Eks Chelsea: Gara-Gara VAR, Sepak Bola Kehilangan Nyawanya

29-11-2020 20:02 | Ari Prayoga

Penggunaan VAR di sepak bola (c) AP Photo Penggunaan VAR di sepak bola (c) AP Photo

Bola.net - Mantan striker Chelsea, Tony Cascarino mengeluhkan keberadaan teknologi VAR yang ia anggap bisa membuat orang-orang tak berminat lagi menonton sepak bola.

Penggunaan VAR telah dilakukan sejak beberapa musim lalu di liga-liga top dunia, termasuk turnamen antarnegara seperti Piala Dunia.

Namun, penggunaan VAR belum menyelesaikan masalah. Banyak pihak yang mengaku kerap dirugikan, terutama dalam penentuan offside yang kini menjadi sangat presisi, bahkan terkesan berlebihan.

1 dari 2 halaman

Penilaian Cascarino

Cascarino pun mengaku tidak senang dengan keberadaan VAR ini. Baginya, VAR menganggu kenikmatan penonton ketika menyaksikan sebuah pertandingan.

“Tentu saja saya merasa bingung dan sulit menjelaskannya. Apakah saya menyukainya? Tidak. Apakah itu membuat saya menjauh dari sepakbola? Tentu, kadang-kadang. Permainannya indah, tapi sayangnya Anda akan mendapatkannya," ujar Cascarino kepada talkSPORT.

“Saya mengenal banyak teman saya, dan banyak orang yang mendengarkan pertunjukan ini, yang menyukai sepak bola tetapi tidak menyukai bentuk sepak bola saat ini. Mereka tidak menyukai produknya," imbuhnya.

“Saya mengagumi tekniknya, kondisi fisik sepak bola luar biasa, indah, dan permainan ini dimainkan oleh tim yang sangat berorientasi menyerang, saya suka semua itu. Namun, sisi sepakbola yang membuatnya busuk adalah ini, apa yang kita saksikan dan lihat sekarang," tukasnya.

2 dari 2 halaman

Kehilangan Nyawanya

Cascarino pun menyebut bahwa VAR telah membuat sepak bola kehilangan nyawanya, dibanding dengan zaman ketika VAR masih belum diperkenalkan.

“Saya menemukan kami telah kehilangan jiwa dari permainan saat ini, oleh keputusan yang dibuat," tutur Cascarino.

“Saya sering mengatakan ini, tetapi Anda tidak ingin terdengar kuno; tapi posisi kita dalam permainan hari ini, dibandingkan dengan kemarin, sangat jauh,”

Sumber: talkSPORT

KOMENTAR