BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Edinson Cavani Samai Gol Angel Di Maria dan Alexis Sanchez: Selamat Tinggal Kutukan Nomor 7?

01-12-2020 10:02 | Asad Arifin

Edinson Cavani (c) AP Photo Edinson Cavani (c) AP Photo

Bola.net - Fans Manchester United dibuat cemas saat Edinson Cavani memilih memakai nomor punggung 7. Sebab, nomor itu acap disebut membawa sial bagi pemakainya setelah era Cristiano Ronaldo.

Edinson Cavani bergabung dengan United awal musim 2020/2021 lalu. Walau statusnya bebas transfer, Setan Merah harus merogoh kocek hingga 20 juta euro untuk bisa merampungkan transfernya.

Cavani kemudian memilih nomor punggung 7 di United. Nomor itu kosong setelah Alexis Sanchez pindah ke Inter Milan sejak awal musim 2019/2020 lalu, awalnya sebagai pemain pinjaman.

Saat masih membela PSG, Cavani lekat dengan nomor punggung 9. Sedangkan, di timnas Uruguay, pemain dengan julukan El Matador tersebut identik dengan nomor punggung 21.

1 dari 3 halaman

Hikayat Kutukan Nomor 7 di MU

Manchester United vs West Brom (c) MUFC Manchester United vs West Brom (c) MUFC

Nomor punggung 7 punya catatan yang spesial dalam sejarah Manchester United. Sebab, nomor ini pernah dipakai banyak pemain top seperti George Best, Denis Law, Bryan Robson, Eric Cantona, hingga David Beckham.

Cristiano Ronaldo memakai nomor punggung 7 di United pada 2013 hingga 2019 silam.

Setelah Ronaldo, nomor punggung 7 dipakai Antonio Valencia. Dia adalah pemain yang sukses di United dan sempat menjadi kapten. Akan tetapi, sukses Valencia terjadi saat dia memakai nomor punggung 26.

Nomor punggung 7 seolah membawa 'kutukan' setelah era Ronaldo. Michael Owen, Valencia, Angel Di Maria, Memphis Depay, hingga Alexis Sanchez pernah gagal bersinar di United dengan nomor 7 di punggungnya.

Angel Di Maria yang dibeli dengan harga mahal hanya bertahan satu musim di United. Alexis Sanchez yang mendapat gaji fantastis lebih sering menjadi pesakitan daripada pahlawan ketika bermain di United.

2 dari 3 halaman

Kutukan Itu Dipatahkan Edinson Cavani?

Penyerang Manchester United, Edinson Cavani. (c) AP Photo Penyerang Manchester United, Edinson Cavani. (c) AP Photo

Edinson Cavani memberi kesan yang impresif dengan nomor punggung 7 di United. Sejauh ini, dari lima laga di Premier League, Cavani sudah mampu mencetak tiga gol. Padahal, Cavani tak selalu bermain inti.

Jumlah gol Cavani bahkan sama dengan gol Alexis Sanchez selama satu setengah musim di United. Cavani juga menyamai catatan gol Angel Di Maria sepanjang musim 2014/2015 bersama Setan Merah. Antonio Valencia pun mencetak tiga gol dengan nomor punggung 7.

Sedangkan, satu nama yang catatan golnya sudah dilewati Cavani adalah Memphis Depay. Pemain asal Belanda hanya mencetak dua gol untuk United dengan nomor punggung 7 yang melekat di jersey miliknya.

Michael Owen mencetak lima gol untuk United, yang dicapai selama tiga musim. Well, apakah Cavani bisa disebut mematahkan kutukan nomor punggung 7?

*Jumlah gol yang dihitung hanya pada laga Premier League.

3 dari 3 halaman

Cavani dan Nomor Punggung 7

Edinson Cavani (c) AFP Edinson Cavani (c) AFP

Edinson Cavani sejatinya tidak asing dengan nomor punggung 7 dalam karirnya. Di timnas Uruguay, walau identik dengan nomor punggung 21, dia juga pernah memakai nomor punggung 7 pada awal karirnya.

Sedangkan, di level klub, Edinson Cavani lebih dulu identik dengan nomor punggung 7 sebelum memakai nomor 9 ketika membela PSG.

Cavani mulai menjelajah Eropa saat pindah ke Palermo pada 2006 silam. Saat iti, dia memakai nomor punggung 7 dan sukses menjadi salah satu penyerang top Serie A. Cavani juga memakai nomor punggung 7 ketika bermain di Napoli dan meraih gelar top skor Serie A.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR