Eddie Nketiah di Arsenal: Bertahan atau Hengkang?

Asad Arifin | 23 Desember 2021, 15:15
Penyerang Arsenal, Eddie Nketiah (kanan) merayakan golnya ke gawang Sunderland dalam laga perempat final Carabao Cup hari Rabu (22/12/2021). (c) AP Photo
Penyerang Arsenal, Eddie Nketiah (kanan) merayakan golnya ke gawang Sunderland dalam laga perempat final Carabao Cup hari Rabu (22/12/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Penampilan gemilang Eddie Nketiah saat membela Arsenal di laga Carabao Cup justru memberikan dilema pada klub. Kini, situasinya terbelah. Apakah akan dipertahankan atau hengkang?


Nketiah mencetak tiga gol dan membawa Arsenal menang 5-1 atas Sunderland di perempat final Carabao Cup, Rabu (22/12/2021) dini hari WIB. Hasil ini membuat Arsenal melaju ke semifinal dan akan berjumpa Liverpool.

Nketiah tampil apik dan menunjukkan bahwa dia bisa menjadi opsi di lini depan. Saat Pierre-Emerick Aubameyang punya masalah yang pelik, Nketiah memberi asa baru bagi Mikel Arteta untuk musim ini.

Tapi, masa depan Nketiah di Arsenal sedang tak pasti. Kontraknya akan habis akhir musim nanti dan belum ada kesepakatan baru.

1 dari 4 halaman

Bertahanlah, Nketiah!

Ekspresi kekecewaan penyerang Arsenal, Eddie Nketiah, usai gagal menjebol gawang Everton dalam laga lanjutan Premier League hari Selasa (7/12/2021). (c) AP Photo

Nketiah minim kesempatan bermain di Premier League. Hingga pekan ke-18 Premier League musim 2021/2022, pemain 22 tahun baru tiga kali bermain. Itu pun selalu dengan status pemain pengganti.

Paul Merson, legenda Arsenal, sadar betul bahwa situasi yang dialami Nketiah tidak mudah. Tapi, melihat situasi terkini, dia yakin ada peluang bagi Nketiah jika bertahan lebih lama lagi.

"Saran saya kepadanya adalah bertahan di Arsenal selama dua atau tiga tahun lagi. Dia masih bocah dan butuh waktu. Seiring waktu, Eddie hanya akan menjadi lebih baik. Ini tempat yang tepat," katanya.

2 dari 4 halaman

Pindah Saja, Nketiah!

Pemain Arsenal Eddie Nketiah. (c) AP Photo

Saran berbeda diberikan Kevin Campbell, mantan pemain yang kini menjadi pandit. Menurutnya, Nketiah sebaiknya pergi dari Arsenal untuk menit bermain dan pengalaman.

"Kemungkinannya dia tidak akan bertahan di klub, karena pemain papan atas membutuhkan lebih banyak pengalaman. Mereka akan membutuhkan lebih banyak kualitas dan pengalaman di top level," ucap Campbell.

"Pengalaman dan menit bermain bisa mendorong Nketiah masuk dalam persaingan papan atas," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Apa Harapan Mikel Arteta?

Manajer Arsenal, Mikel Arteta (c) AP Photo

Mikel Arteta, manajer Arsenal, masih ingin melihat Nketiah di skuad lebih lama lagi. Dia memang belum memberi kesempatan Nketiah bermain, tetapi sangat yakin dengan kemampuannya.

"Kami sedang berusaha. Ini bukan tentang hal lain selain menit bermain," ujar Arteta kepada Sky Sports.

“Dia memiliki tingkat kerja yang luar biasa, dia memiliki kecepatan dan memiliki insting untuk mencetak gol. Dia memiliki kapasitas untuk mencetak gol di dalam kotak dalam permukaan apa pun dan saya sangat menyukai karakternya," tegasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR