BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dukung Van Dijk, Penyerang Watford Ini Minta Wasit EPL Diadili Jika Lakukan Blunder

22-10-2020 21:51 | Dimas Ardi Prasetya

Penyerang Watford Troy Deeney, berduel udara melawan Dejan Lovren. (c) AP Photo Penyerang Watford Troy Deeney, berduel udara melawan Dejan Lovren. (c) AP Photo

Bola.net - Imbas dari insiden yang melibatkan Virgil van Dijk dan Jordan Pickford, penyerang Watford yakni Troy Deeney merasa sudah saatnya kini para wasit harus mempertanggung jawabkan keputusan-keputusan yang mereka buat di atas lapangan.

Duel Everton vs Liverpool pekan kelima Premier League 2020-21 akhir pekan lalu menimbulkan kontroversi besar. Hal itu tak lepas dari insiden pelanggaran Pickford pada Van Dijk.

Pickford saat itu menekel Van Dijk sampai ia tak bisa melanjutkan pertandingan. Akan tetapi kiper Everton itu tak mendapat hukuman apa pun dari wasit Michael Oliver.

Sebenarnya VAR sempat meninjau pelanggaran itu. Akan tetapi wasit yang bertugas menangani teknologi itu yakni David Coote tak merasa insiden tersebut layak berbuah hukuman pula.

1 dari 2 halaman

Menyedihkan

David Coote menjadi buah bibir banyak pihak akibat keputusan tersebut. Kini Troy Deeney juga angkat bicara.

Ia mengatakan wasit seperti Coote ini telah merusak sepak bola. Olahraga ini pun sekarang menjadi sangat menyedihkan.

"Mereka telah membuat kesalahan. Prosesnya sudah ada. Mereka dapat berkata 'pergi dan lihatlah, itu tidak terlihat bagus'," ketusnya pada talkSPORT.

“Virgil mungkin akan absen selama enam atau tujuh bulan dan semua yang didapat Liverpool adalah offside. Dalam olahraga itu ini sangatlah menyedihkan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Wasit Harus Tanggung Jawab

Lebih lanjut, Troy Deeney mengisyaratkan ia sudah muak dengan para wasit yang bisa lolos begitu saja meski melakukan kesalahan. Ia pun mengatakan saat ini sudah saatnya wasit diadili dan dimintai pertanggungjawabannya.

“Jika seorang pemain membuat kesalahan, pasti ada alasannya. Ia harus keluar dan membicarakannya atau manajer harus membicarakannya. Para wasit sepertinya tidak pernah dimintai pertanggungjawaban atas apa yang mereka lakukan. Selalu ada mantan wasit yang mengatakan 'ini, ini dan ini'," ketusnya.

“Sebagai pemain, Anda frustrasi. Jika mereka berbalik dan berkata 'Saya salah paham', tidak ada yang bisa mengatakan apa-apa. Ya sudah. Selesai. Kesalahan manusia, itu terjadi," ucapnya.

“Ketika Anda melihat tekel itu, itu menimbulkan pertanyaan kapan kita akan mulai meminta pertanggungjawaban wasit, terutama wasit VAR. Dua tekel di sana merupakan tekel yang sangat buruk," tegasnya.

Jordan Pickford sebelumnya sempat disebut bisa mendapat hukuman retrospektif dari FA usai menekel Virgil van Dijk. Namun ternyata kiper 26 tahun itu lolos dari sanksi karena FA hanya akan mengambil tindakan jika ada pelanggaran yang tak dilihat wasit atau VAR.

(talkSPORT)

KOMENTAR